Review Samsung Galaxy A23: HP Andalan di Segmen 3 Jutaan

CakrawalaRafflesiaSamsung baru saja menghadirkan Galaxy A23 sebagai smartphone andalan mereka di segmen harga 3 jutaan. Di momen Ramadhan menuju Lebaran kehadirannya cukup tepat.

HP Samsung terbaru ini dirancang dengan spesifikasi yang pas buat segmen menengah bawah. Kamera, layar, prosesor dan baterai menjadi aspek yang berusaha dipoles sebaik mungkin oleh sang vendor.

Kami sudah memegang unit review Samsung Galaxy A23 untuk mengupas tuntas spesifikasinya. Juga mengintip kelebihan dan kekurangannya. Yuk, kita mulai saja.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a23

Review Samsung Galaxy A23

Samsung menggeber produknya secara agresif demi mengerem pergerakan pesaingnya. Menerapkan strategi terbaik mulai dari penentuan harga hingga spesifikasi paling tepat sesuai pasar.

Hasilnya adalah Samsung Galaxy A23. Seri ini dikemas dalam dus tipis. Paket penjualannya tidak dibuat istimewa, mungkin buat menekan ongkos produksi.

review samsung galaxy a23

Saat kami unboxing, kami mendapatkan seperangkat komponen standar paket penjualan. Satu unit Samsung Galaxy A23, adaptor, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi, dan bundling kartu perdanaIM3.

Nah, itu dia isi dalam kotak penjualan, sekarang kita mulai review Samsung Galaxy A23-nya.

Rancangan Bodi

Menelusuri sektor desain, eksterior unit review Samsung Galaxy A23 yang kami pegang dirancang minimalis. Mengandalkan warna senada, Black yang cenderung mendekati abu-abu gelap.

Desain masih khas Samsung menengah bawah, dibikin ergonomis dan ramping, tak terlalu menekankan style yang berlebihan. Standar saja tapi masih terlihat cukup bagus. Panel kamera berbentuk kotak.

Baca Juga :  Perbandingan Redmi 10 vs Redmi 10A vs Redmi 10C: Pilih yang Mana?

Material bodinya yang glossy terbuat dari plastik polikarbonat solid. Bagian belakangnya terasa kokoh saat kami ketuk. Hanya saja, permukaannya licin saat dipegang dan mudah terkotori sidik jari.

harga samsung galaxy a23

Perhatian kami berpindah ke panel depan. Layar sentuhnya menyematkan Infinity V dimana kameranya terdapat di bagian dahi layar. Tak ada sertifikasi IP67 yang melindunginya dari air dan debu, jadi jangan main-main dengan air ya.

Untuk atributnya, HP Samsung terbaru ini menyematkan tombol volume dan power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari terletak di ruas kanan bodi.

Sementara posisi SIM tray diletakkan pada ruas kiri. Kita bisa memasang dua slot nano SIM dan satu slot kartu microSD.

Pada bagian atas terselip mikrofon sekunder. Lantas di ruas bawah bodi kita akan menemukan port audio 3,5 mm, mikrofon, port USB Type-C, dan speaker.

Layar

spesifikasi samsung galaxy a23

Bentang layarnya lebar, mengedepankan diagonal 6,6 inci. Cocok sih buat yang suka nonton film dan main game. Resolusinya pun sudah Full HD+, jadi gambar terlihat natural dan tajam.

Unit review Samsung Galaxy A23 ini mengandalkan panel PLS LCD. Tingkat kecerahan dan kualitas gambar layar memang tak sebagus AMOLED, tetap masih nyaman di mata.

Sayang, view di layar agak menurun saat berhadapan dengan sinar matahari langsung. Tapi sebagai kompensasi, smartphone ini menyuguhkan refresh rate adaptif hingga 90 Hz.

Hal ini membuat pergerakan layar lebih smooth, motion yang tertampil lebih halus dan terlihat natural. Memberikan pengalaman visual yang menjanjikan.

Oke sih buat menonton Youtube atau Netflix berkat dukungan sertifikasi Widevine L1. Refresh rate tingfgi ini cocok buat dipakai bermain game.

Performa

performa

Samsung Galaxy A23 diperkuat dengan chipset Snapdragon 680. Di sisi ini, SoC yang ditanamkan bisa memberikan jaminan soal performa. Sudah cukup ngebut dan mampu menangani aktivitas multi tasking dengan baik.

Baca Juga :  Ini, GoPay, Dana & Link Aja: Pilih Mana?

Buat pecinta game kasual seperti Mobile Legends hingga yang agak lumayan berat seperti PUBG Mobile, performa gaming dipastikan aman. Kualitas grafis maupun kinerjanya bagus. Lancar, tak ada lag atau tersendat.

Lebih jauh, unit review Samsung Galaxy A23 ini dipersenjatai RAM 6GB dengan dukungan RAM Plus hingga 6GB. Soal memori, Samsung membenamkan memori internal dengan penyimpanan 128GB. Bisa diperbesar hingga 1TB berkat kehadiran slot microSD.

Asyiknya, antarmuka smartphone ini sudah mengadopsi One UI 4.1. Mendukung personalisasi tema, tampilan dengan ikon yang besar dan atraktif.

benchmark

Hasil pengujian dengan aplikasi benchmark mencatatkan skor berikut: Antutu Bechmark meraih 272.482. Sementara Geekbench meraih skor 382 untuk Single-core dan 1645 untuk Multi-core.

Kamera Samsung Galaxy A23

kamera samsung a23

Di sektor fotografi, unit review Samsung Galaxy A23 ini dibenami dengan Quad Kamera. Sensor utamanya memiliki resolusi 50MP didukung OIS. Lantas ada kamera ultrawide resolusi 5 MP, lensa macro 2 MP dan depth sensor.

Hasil fotonya didukung Quad Bayer sehingga bisa menangkap banyak cahaya. Lumayan buat memotret dalam kondisi minim cahaya. Banyak filter dibenamkan mulai dari roof, shadows, monstera, dan palm tree.

mode foto

Buat rekam video, kamera Galaxy A23 ditunjang Optical Image Stabilization (OIS) yang bikin hasil foto dan video jadi lebih stabil. Alhasil, rekaman menjadi lebih jernih dan tajam.

Kamera smartphone ini bisa merekam video dari resolusi 720p, 1080p pada frame rate 30fps. Juga bisa merekam slow-mo.

hasil kamera
Mode auto
hasil kamera 1
Portrait Mode
hasil kamera 2
Night Mode
hasil kamera 3
Auto mode
hasil kamera 5
Macro
hasil kamera 6
Kamera selfie & selfie bokeh

Fitur Lain

Salah satu fitur Galaxy A23 yang bisa diandalkan adalah NFC. Buat melakukan pembayaran tanpa kartu. Isi uang elektronik pun lebih mudah tanpa harus ke ATM.
Seri ini juga sudah didukung dengan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Respon terhadap sentuhan cepat. Ada juga fasilitas seperti face unlock.

Baca Juga :  Review ROG Zephyrus Duo 16 GX650: Laptop Gaming Serba Bisa

Baterai Samsung Galaxy A23

Soal baterai Samsung tak mau kendor dan berupaya memberikan yang terbaik. Unit review Samsung Galaxy A23 yang kami uji membenamkan kapasitas 5000mAh.

Baterai internal 5.000 mAh cukup kuat didukung Adaptive Power Saving Mode, bisa bertahan sepanjang hari. Untuk pengecasannya sudah mendukung Super Fast Charging 25W.

Harga Samsung Galaxy A23

Dijual 3 jutaan, Galaxy A23 termasuk smartphone kelas menengah pada tingkat pemula. Pengguna bisa mendapatkannya secara langsung di toko daring dan gerai fisik dengan harga Rp3.499.000 (6GB/128GB).

Untuk pilihan warna Galaxy A23 tersedia dalam warna Black, Blue, dan Peach yang kekinian.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23

Vendor memang selalu berusaha menghadirkan smartphone terbaik buat pasar. Namun, di satu sisi kita tetap akan mendapati kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali pada Samsung Galaxy A23.

Bicara kamera dukungan Quad Camera 50MP lengkap dengan Optical Image Stabilizer (OIS) menjadi keunggulannya. Juga kehadiran Snapdragon 680 membuat lebih reliable dan stabil saat dioperasikan.

Kelebihan lainnya adalah dari sisi fasilitas dimana HP Samsung ini sudah dibenami NFC serta memakai baterai berkapasitas 5000mAh.

Kekurangan Galaxy A23 ada di material bodinya masih terlihat standar, terbalut plastik polikarbonat saja. Desainnya pun ‘biasa’. Tak hanya itu, meski layarnya sudah 90Hz tapi panelnya hanya sekelas PLS LCD, jadi kurang nendang.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23:

Dimensi dan bobot 165,4 x 76,9 x 8,44 mm
Bobot 195 gram
Layar LCD 6,6 inci Invinity-V, resolusi FUll HD Plus (2.408 x 1.080 piksel), refresh rate 60 Hz
Chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6 nm)  CPU 2,4 GHz
RAM dan penyimpanan 6 GB/128 GB
SIM dan microSD Dual nano SIM, microSD hingga 1 TB
Kamera belakang kamera utama 50 MP (f/1.8, PDAF)kamera ultrawide 5 MP (f/2.2)kamera depth sensor 2 MP (f/2.4)kamera makro 2 MP (f/2.4)
Kamera depan 8 MP (f/2.2)
Sistem operasi dan UI Android 12, OneUI 4.1
Baterai 5.000 mAh, Super Fast Charging 25 watt
Fitur lainnya Sensor fingerprint terintegrasi tombol power (side-mounted), NFC, colokan audio 3.5mm, slot microSD, USB Type-C
Warna Black, Blue, Peach
Harga Rp 3,5 juta

Tinggalkan komentar