Review realme narzo 50: HP Gaming Stylish nan Kuat

CakrawalaRafflesia – Betulkah baru saja memboyong realme narzo 50 ke pasar Indonesia. Bagi pecinta game di segmen entry level, kehadirannya cukup menarik. Di atas kertas, seri ini memiliki chipset yang tangguh dan beberapa fitur pendukung yang disukai para gamer.

realme sendiri mengklaim bahwa narzo 50 merupakan smartphone berperforma gaming dengan kombinasi chipset cepat di kelasnya yang dipadukan dengan layar 120Hz. Vendor melabelinya dengan slogan Mighty Performance Boosted.

Sebagai bagian dari Narzo Series, smartphone ini fokus pada performa bertenaga dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang smartphone ini, mari kita lihat ulasan realme narzo 50 kami.

Review realme narzo 50: HP Gaming Stylish nan Kuat

Review realme narzo 50

Kesan pertama kami saat melihat unit review realme narzo 50 adalah konsep bodi yang tipis dan ramping. Dan, memang ketebalan smartphone ini hanya 8.1mm. Desainnya juga terlihat stylish dan menarik.

Tapi ini hanya kesan awal ya, tidak mewakili review menyeluruh dari perangkat ini. Nah, sebelum mulai membahasnya ada baiknya kita intip dulu paket penjualan dari realme narzo 50 ini.

Jadi unit review realme narzo 50 masih sama dengan pendahulunya, dikemas dalam warna biru sederhana.

Saat kotak dibuka, kita akan menemukan unit smartphone, adaptor 33W Dart Charge 11V3A/5V2A, kabel USB tipe-C, panduan cepat, kartu garansi dan pelindung layar yang sudah terpasang serta soft body case.

kelebihan dan kekurangan realme narzo 50

Rencana Tubuh

Menurut realme, narzo 50 memiliki desain tekstur kecepatan Kevlar yang terinspirasi dari mobil balap. Tekstur yang sama juga diterapkan pada mobil. realme menamakannya Kevlar Speed ​​Texture Design.

Dari sisi kami, gaya desain realme narzo 50 memang menarik. Ada perubahan signifikan dari beberapa seri terakhir. Lebih tipis, lebih kokoh dan sangat nyaman untuk dipegang.

harga realme narzo 50

Eksterior belakang unit review realme narzo 50 ini terasa mulus namun kasar di tangan. Jadi, tidak mudah terpeleset. Bahannya memang dari plastik tapi kualitas finishingnya bagus, build qualitynya kokoh.

Baca Juga :  Perbandingan Redmi 10 vs Redmi 10A vs Redmi 10C: Pilih yang Mana?

Meski tidak terlalu kentara, panel belakang agak mudah ternoda oleh sidik jari. Modul kamera dibuat lebih sederhana dengan konsep persegi panjang di sisi kiri atas dengan empat lingkaran.

Untuk warna, realme narzo 50 yang kami ulas mengusung varian Speed ​​Blue. Ada juga pilihan warna lain, yaitu Speed ​​Black.

Selanjutnya realme narzo 50 menyematkan port audio 3.5mm di area bawah, kemudian port USB type-C dan lubang speaker. Baki kartu SIM dapat menampung dua kartu SIM dan 1 kartu memori sekaligus yang dapat ditambahkan hingga 1 TB.

realme narzo50.  spesifikasi

Menampilkan

Unit review realme narzo 50 dilengkapi panel LCD dengan desain punch hole yang memiliki rasio screen-to-body hingga 90,8%. Didukung lanskap layar 6,6 inci, kecepatan refresh 120Hz, resolusi full HD+.

Bagi para gamer, komposisi ini menghadirkan tampilan yang paling halus. Lag dalam animasi dapat diredam, scrolling dan transisi layar terasa mulus.

realme narzo 50

realme narzo 50 dapat melakukan penyesuaian otomatis pada kecepatan refresh sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Kecepatan refresh layar adaptif antara 30Hz dan 120Hz, tergantung pada tugas yang ada.

Ada juga pengaturan Standar 60Hz untuk menghemat baterai atau pengaturan Tinggi untuk pengoperasian yang lebih lancar.

Selanjutnya smartphone ini didukung dengan tingkat kecerahan hingga 480 nits, dengan touch sampling rate hingga 180Hz, 401 PPI, NTSC 96%.

Pertunjukan

Seri ini ditenagai oleh salah satu prosesor paling bertenaga di segmennya, Mediatek Helio G96. Unit review realme narzo 50 dapat menunjukkan peningkatan kinerja 42% dibandingkan generasi sebelumnya.

Berkat proses fabrikasi 12nm, smartphone ini bisa tampil lebih bertenaga dan efisien. Itu mengandalkan dua core Cortex-A76 dan enam core Cortex-A55 dengan kecepatan clock hingga 2,05GHz.

ulasan realme narzo 50

Dibandingkan dengan G90/G88/G95/Snapdragon 662, GPU Mali G57 MC2 pada smartphone ini menjadikannya satu-satunya prosesor yang mendukung tampilan refresh rate 120Hz.

Bagi para gamer, realme narzo 50 telah mengedepankan pilihan dengan mode performa. Kemudian dilengkapi dengan notifikasi yang berbeda sesuai dengan preferensi untuk membuat pengalaman bermain game lebih seru.

Pada akhirnya, game seperti Mobile Legends dengan pengaturan grafis tinggi dapat diluncurkan tanpa gangguan. Untuk pengaturan grafis standar PUBG Mobile, gameplay tetap memuaskan dan mulus.

Baca Juga :  Review ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402): Laptop Berbasis 5G

Untuk memori, realme narzo 50 yang kami pegang memiliki RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Untuk skor benchmark Antutu, perangkat ini mencatat skor 263.361. Saat menggunakan Geekbench, single core mendapat skor 529 dan multi core mendapatkan skor 1802.

tolok ukur

Kamera

realme narzo 50 dipersenjatai dengan tiga kamera di bodi belakang. Ditingkatkan dengan LED flash yang ditempatkan dalam modul berbentuk kotak di sisi kiri atas.

kamera

Kamera utamanya diklaim setara dengan smartphone flagship dengan resolusi 50MP. Sensor ini memiliki area yang luas dan aperture besar f/1.8. Hasilnya, dapat menangkap cahaya dan membuat foto lebih cerah dan jelas. Dapat memperbesar hingga 10X.

Kemudian seri ini juga mengantongi Lensa Makro 2MP (Aperture f/2.4, lensa 3P, 4cm FF) untuk fotografi dengan jarak fokus super dekat. Sempurna untuk penggemar fotografi makro.

Tak ketinggalan sensor B&W lainnya dengan Apertur f/2.8, Lensa 2P untuk memberikan efek artistik khusus untuk potret. Dapat mereproduksi potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur tinggi dan meningkatkan kontras.

Buat rekam video jangan khawatir unit review realme narzo 50 ini menyediakan beberapa pilihan. Mulai dari resolusi 720p dan 1080p pada 30fps, dilengkapi fitur Ultra Steady untuk mengurangi guncangan.

Ada banyak fitur dan efek yang disematkan pada kamera smartphone ini, mulai dari Night mode with filter, Pro Mode, dual view video, slow mo, ultra macro, movie hingga portrait plus filter.

Sektor depan dibenamkan kamera selfie beresolusi tinggi 16MP yang dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya. Hasil jepretannya pun relatif tidak mengecewakan.

Hasil Kamera:

selfie
Mode Ultra Makro
Mode Potret
Mode Potret dengan efek
mobil mode
Mode Malam asli
Mode malam dengan efek
Mode malam dengan efek

Baterai

realme menawarkan kapasitas yang memadai untuk sumber dayanya. Unit review realme narzo 50 ini mengusung baterai berkapasitas 5000mAh.

Lebih lanjut, vendor mengklaim bahwa smartphone tersebut mengusung algoritma penyetelan cerdas VCVT, algoritma pengoptimalan pengisian daya VFC, dan sistem perlindungan lima inti yang cerdas.

Tidak hanya itu, pengisian daya Dart Charge 33W dari realme narzo 50 mampu mengisi daya ponsel dengan baterai 100% hanya dalam waktu 70 menit dengan cepat dan aman.

Ada fitur seperti Super Power Saving Mode untuk mendapatkan daya tahan baterai darurat. Ada juga mode Sleep Optimization/App Freezer/Screen Optimization yang selalu standby di realme narzo 50.

Baca Juga :  Ulasan Metaverse: Definisi, Cara Kerja & Contoh

Dan satu yang tidak boleh dilewatkan, sistem pengisiannya didukung oleh OTG khusus reverse charging.

Antarmuka dan Fitur Lainnya

Unit review realme narzo 50 masih mengandalkan realme UI 2.0 yang berbasis Android 11. Secara tampilan, dibangun secara sederhana dan efisien, mendekati antarmuka Android murni.

Dari pengalaman kami, realme narzo 50 ini bisa berakselerasi dengan baik. Boot aplikasi cepat dan memuaskan. Di sisi lain, ikon dan tampilannya sederhana, efisien dengan animasi yang menarik.

Sensor sidik jari berada di sisi kanan dengan tombol power. Responsif dan cepat merespon sentuhan. Smartphone ini juga mendukung pengenalan wajah.

Fitur lain yang tersedia pada realme narzo 50 termasuk dual 4G VoLTE, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C, pemindai sidik jari menghadap ke samping, dan jack headphone 3.5mm.

Smartphone ini juga memiliki speaker tunggal dengan output yang cukup menendang. Tidak terlalu keras tapi outputnya masih terdengar enak di telinga.

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50

Beberapa keunggulan realme narzo 50 yang menjadi sorotan antara lain refresh rate layar 120Hz, dukungan chipset Helio G96 yang tangguh. Ditambah kamera 50MP dan baterai besar dengan dukungan fast charging 33W Dart Charge.

Sedangkan kekurangan atau kekurangan dari realme narzo 50 ditemukan antara lain tidak adanya perekaman video 4K. Namun hingga saat ini fasilitas ini tidak terlalu krusial, kecuali bagi para pembuat konten profesional.

harga realme narzo 50

Sebagai salah satu pilihan smartphone gaming di segmen harga Rp 2 jutaan, realme narzo 50 menjadi kandidat terbaiknya. Sesuai dengan kebutuhan mereka yang menginginkan perangkat berperforma tinggi dengan harga entry-level.

Harga realme narzo 50 (4/64GB) ditawarkan seharga Rp 2.299.000 pada Early Bird Sale melalui realme.com pada 22 Maret pukul 18.00 WIB. Lalu ada juga Flash Sale 25 Maret pukul 00:00 WIB di Lazada, Akulaku dan realme.com.

Untuk informasi lebih lanjut tentang realme narzo 50, silakan kunjungi tautan mengikuti.

Tinggalkan komentar