Review POCO M4 Pro 4G: HP Dengan Spek Maksimal

CakrawalaRafflesia POCO M4 Pro 4G menjadi salah satu smartphone yang cukup solid dalam persaingan di segmen menengah. Berbasis performa terbaik dengan harga yang dirancang sesuai budget, ia adalah ancaman serius buat rivalnya.

Nah, kali ini kami mendapat kesempatan menggunakan unit review POCO M4 Pro 4G sebagai daily driver. Bagaimana performanya saat dipakai, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak ulasan berikut.

Review POCO M4 Pro 4G: HP Dengan Spek Maksimal

Review POCO M4 Pro 4G

Sebagai salah satu pendatang baru di segmen menengah bawah, HP POCO terbaru ini tentu saja memboyong fasilitas mutakhir. Dan tentu saja menghadirkan desain lebih kekinian.

Smartphone yang membidik segmen harga 2-3 jutaan ini disuplai kelengkapan yang cocok buat pasarnya Mulai dari chip baru hingga display lebih canggih.

Tapi sebelum mengulas lebih dalam mengenai perangkat ini, yuk kita unboxing terlebih dahulu paket penjualannya. Kita intip apa saja isi dalam box yang dikemas dalam balutan warna kuning.

kelebihan dan kekurangan poco m4 pro 4g

Setelah membongkar dusnya, kami mengeluarkan item-item yang ada di dalamnya. Ada satu unit POCO M4 Pro,, adaptor 33W, kabel USB type-C, buku panduan cepat, soft case dan kartu garansi.

Rancangan Bodi

Sekilas, tampilan POCO M4 Pro (4G) ini benar-benar keluar dari pakem yang jadi trend saat ini. Beda dari yang lain, tapi menurut kami malah jadi ciri khas tersendiri.

Tampilan eksterior dari unit review POCO M4 Pro 4G ini cocok sekali buat anak muda. Warna Cool Blue-nya keren. Meski terbuat dari plastik polikarbonat tapi feel-nya solid di tangan.

Layout frame kameranya dibuat kotak melebar dari sisi kiri ke kanan. Ini yang membedakan dari desain smartphone yang ‘umum’ saat ini. POCO berani bereksperimen soal ini, tapi sukses menarik perhatian kami.

Lebih menariknya, modul kamera POCO M4 Pro 4G ini dibungkus dalam bingkai glossy layaknya cermin. Membuatnya jadi kelihatan premium. Overall, built quality perangkat ini cukup bagus.

harga poco m4 pro 4g

Bagian depan dibenami panel sentuh dengan punch hole. Kemudian POCO membungkusnya dengan Gorilla Glass 3 dan IP53 rating yang membuatnya tahan gores, tahan debu dan aman dari percikan air.

Baca Juga :  Ulasan Metaverse: Definisi, Cara Kerja & Contoh

Paling menonjol dari atribut bodinya adalah speaker stereo yang tertanam di ruas atas dan bawah. Selebihnya kalian akan mendapati tombol volume dan power yang sekaligus sebagai sensor sidik jari di kanan.

Sementara SIM tray ada di ruas kiri. Kita bisa memasang dua slot nano SIM dan satu slot kartu microSD.

Pada bagian atas terselip mikrofon sekunder dan IR blaster. Lantas di ruas bawah bodi bawah ada port audio 3,5 mm, mikrofon, port USB Type-C.

Layar

Elemen display unit review POCO M4 Pro 4G ini relatif kompak dengan bentang layar 6,43 inci. Kali ini vendor menghadirkan terobosan baru POCO di kelas M Series dengan menyisipkan layar Super AMOLED.

Asyiknya, layar dengan resolusi FHD+ ini juga sudah dibenami dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Ini membuat visual yang ditampilkan sangat halus, dan kami merasakannya secara langsung.

spesifikasi poco m4 pro 4g

Terlebih, smartphone juga mendukung DCI-P3 wide color gamut dengan rasio kontras 4.500.000:1, tingkat kecerahan tertinggi hingga 1000 nits dan sertifikasi SGS. Layar tetap terlihat optimal meski dibawah sinar matahari.

Secara garis besar, POCO M4 Pro cocok buat bermain game, streaming video, membaca ebook, sampai sosial media. Mantap.

Performa

Salah satu faktor penting pada perangkat ini tentu saja keberadaan sistem operasinya. Unit review POCO M4 Pro 4G yang kami pegang mengadopsi Helio G96. Diperkuat CPU octa-core CPU yang ditandem dengan GPU Mali-G57 MC2.

Dapur pacu ini bekerjasama dengan baik bersama RAM 8GB serta memori internal 256GB (LPDDR4X RAM, UFS 2.2 storage). Dilengkapi teknologi Dynamic RAM Expansion Technology.

Bisa menyisipkan RAM tambahan 3GB. Jadi smartphone lebih leluasa menjalankan banyak program tanpa khawatir hang. Penyimpanan juga bisa diperluas hingga 1TB via slot microSD.

Tak hanya itu, guna meredam panas berlebih, HP dilengkapi LiquidCool Technology. Prosesor ini juga berkolaborasi efektif dengan display layar yang mempunyai refresh rate 90Hz.

Baca Juga :  Ulasan Realme 9 Pro 5G: Ponsel unggulan kelas menengah berbasis 5G

Dengan dukungan refresh rate tinggi, clockspeed kencang dan temperatur wajar, hasilnya adalah: kinerja dan performa gesit cepat dan ngebut. Gambar pun terlihat smooth, tajam dengan transisi maupun pengoperasian yang minim lag.

Game seperti Genshin Impact masih bisa optimal di setting standar. Permainan MOBA seperti Mobile Legends dilibas dalam kondisi rata kanan. Dan PUBG bisa digenjot dengan grafis nyaman.

Berikut hasil benchmark Antutu dan Geekbench:

benchmark

Kamera POCO M4 Pro 4G

Pada modul kameranya yang membentang horizontal di bodi belakang atas, POCO menanamkan tiga buah sensor. Kamera utamanya mengusung resolusi 64MP. Ditambah 8MP ultra wide dan 2MP macro.

Kamera utama 64MP hadir pertama kalinya di M-Series menggunakan kamera 64MP. Saat dijajal hasil fotonya memuaskan. Gambar tajam dan detil, kaya warna.

review kamera poco m4 pro 4g

Sementara kamera ultra wide dan macro menyempurnakan fleksibilitas saat memotret. Gambar dengan perspektif lebar bisa tertangkap semua, sudut pandang hingga 118 derajat. Foto jarak dekat lebih tajam berkat sensor macro.

Soal fitur, smartphone ini menawarkan beberapa mode kamera, seperti slow motion video, time-lapse video dan night mode.

Lebih jauh, buat pecinta selfie atau buat yang suka merekam vlog, disematkan kamera 16MP di area depan.

Untuk rekam video, hasil agak stabil karena didukung Electronic Image Stabilization (EIS). Tapi saat terkena goncangan keras hasil memang agak goyang. Perekaman bisa dilakukan hingga 1080p pada 30fps dengan autofokus yang cukup cepat.

Berikut hasil kamera:

hasil foto 1
Atas: 64MP; Bawah: ultra wide
hasil foto 2
Mode selfie
hasil foto 3
Mode macro
hasil foto 4
Mode auto
hasil foto 5
Mode auto
hasil foto 6
Mode malam

Antarmuka

Unit review POCO M4 Pro (4G) yang kami pegang menjalankan Android 11 dengan dukungan antarmuka MIUI 13 skin. Sebagai sistem operasi yang sudah dikustom, tentu ada banyak fitur serta aplikasi tambahan.

miui 13

Ada beberapa bloatware terbenam, tetapi sebagian bisa diuninstal. Beberapa aplikasi proprietary hadir seperti Mi File Manager, Mi Calculator, Notes, ShareMe, Music dan Security.

Secara garis besar antarmuka MIUI cukup nyaman, dengan animasi dan ikon atraktif. Transisi layar, pergantian menu atau menjalankan berbagai aplikasi terasa mudah.

Fitur Pelengkap

Unit review POCO M4 Pro ini mengusung dua speaker untuk menghasilkan suara stereo. Suaranya lebih kuat dan nendang ketimbang seri sekelasnya yang rata-rata hanya mengandalkan satu speaker.

Baca Juga :  Review realme narzo 50: HP Gaming Stylish nan Kuat

Untuk keamanan, sang vendor menyematkan sensor sidik jari dan face recognition. Saat dijajal, sensor sidik jarinya bisa merespon jari dengan cepat dan baik

Hadir juga Near-field communication (NFC) untuk mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless). Tak ketinggalan IR blaster yang memberikan solusi pengganti remote di perangkat rumah..

Baterai

baterai

Untuk sumber dayanya, unit review POCO M4 Pro 4G yang kami pegang menggendong baterai berkapasitas 5000mAh. Tentu saja ini memberikan keuntungan dengan pengguna yang lebih sering kelayapan.

Baterainya membuat perangkat bisa bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal.
Dilengkapi dengan charger 33W yang mendukung Pro Fast Charging. Alhasil, pengisian daya hanya membutuhkan waktu kurang lebih sejam dari nol hingga 100%.

Kelebihan dan Kekurangan POCO M4 Pro 4G

Mencari produk dengan value for money terbaik memang gampang-gampang susah, Tapi untuk mempermudah kami akan memberi sedikit simpulan dengan mengurai kelebihan dan kekurangan POCO M4 Pro 4G.

Kelebihan perangkat ini ada pada AMOLED display dengan refresh rate 90Hz. Kemudian beberapa fitur tambahan yang membedakan dari kompetitor seperti NFC, IR blast, IP65 hingga speaker stereo.

Nilai tambah lain yang terbilang cukup penting ada di sektor baterai dan dukungan fast chargingnya. Selebihnya bisa dibilang 50:50 dengan kompetitor.

Bicara kekurangan, materialnya masih terbuat dari plastik, tapi wajar mengingat harganya yang terjangkau. Buat pecinta layar besar, mungkin displaynya terlalu mungil, tapi kalau ini kembali ke selera.

Harga POCO M4 Pro 4G

Harga POCO M4 Pro 4G cukup mengiurkan. Untuk varian paling rendah dengan opsi memori 6+128GB kita cukup merogoh kocek Rp2,899 juta saja. Sementara, varian 8+128GB bisa diboyong ke rumah seharga Rp3,399 juta.

POCO terbaru ini bisa diperoleh di situs resmi POCO, Shopee, Tokopedia, Lazada, akulaku, JDID, blibli dan Bukalapak. Sementara nantinya bakal hadir juga secara luring di Erafone, POCO Srore dan Xiaomi Shop authorized reseller.

Spesifikasi POCO M4 Pro:

Layar 6.43” FHD+ Super AMOLED DotDisplay90Hz refresh rate180Hz touch sampling rateDCI-P3 wide color gamut4.500.000:1 contrast ratio1.000 nits peak brightnessSGS Eye Care DisplaySGS SeamlessCorning® Gorilla® Glass 3IP53 splash-proof protection
Prosesor MediaTek Helio G96
Baterai &Pengisian daya Baterai 5000mAh33W Pro Fast Charging
Kamera 64 MP Main Camera8 MP Ultra Wide Camera2MP Macro Camera16MP Front Camera
Dimensi &Berat 159.87 x 73.87 x 8.09mmBerat: 179.5 gram
Konektivitas 4G/3G/2GDual SIM + Micro SDNFCBluetooth 5.0
Lainnya LiquidCool Technology 1.0 PlusMIUI 13
Penjualan Perdana 4 April 2022
Ketersediaan Online StorePOCO.IDShopeeBukalapakTokopediaJd.idLazadaAkulakuBlibli
Offline StorePOCO StoreXiaomi ShopXiaomi StoreErafone (Akan datang)
Harga POCO M4 Pro 6GB + 128 GB SRP: Rp. 2,999,000 POCO M4 Pro 8GB + 256 GB SRP: Rp. 3,499,000

Tinggalkan komentar