Review OPPO A55 Kamera Tangguh, Terbaik di Kelasnya

Cakrawalarafflesia – OPPO Kembali meluncurkan piranti ponsel Flagship Terbaru nya yakni OPPO A55, Smartphone yang di bandrol dengan harga kisaran Rp 2 jutaan ini membuat persaingan smarpthone di kelas mid-end semakin memanas dengan hadirnya OPPO A55 yang disinyalir memiliki kekuatan baterai yang awet dan kamera yang tangguh di kelasnya.

Jika sekarang sudah banyak HP dengan kualitas baterai yang tinggi di hargaa 1 jutaan tentunya anda bisa berekspektasi lebih di ponsel yang satu ini. OPPO A55 Hadir dengan membawa penyempurnaan dari tipe sebelumnya dengan tampil lebih stylish dan juga memiliki kamera yang dikatakan tanffu adalah fitur unggulan yang ingin ditampilkan OPPO di ponsel ini.

Dengan demikian para konsumen tidak perlu mergukan lagi dengan daya tahan fisik nya, meskipum punya body yang terbilang tipis namun tetap terlihat stylis. Lalu apakah ponsel satu ini bisa menjadi daily driver sobat cakrawala berikutnya ? Yuk kita simak ulasan lengkap nya.

Desain

OPPO-A55

Tetap mengikuti trend saat ini, OPPO hadir dengan 3 buah kamera yang salah satunya memiliki resolusi hingga 50 MegaPixel. Walaupun agak terlihat sedikit menonjol dan lebih cocok apabila ponsel ini menggunakan case karena jika tidak, kemungkinan akan sedikit berpengaruh ketika anda menyimpan ponsel ini di tempat yang datar.

OPPO-A55

Dengan menggunakan bodi belakang yang lebih kontras dan menghadirkan theme chromatic OPPO A55 kini dibuat lebih cantik dan lebih elegan ketika dipandang.

Dalam modul tersebut anda bisa melihat terdapat 2 buah sensor kamera yang dibuat cukup besar, seolah olah ingin menonjolkan akan kinerja dan kemampuan daya tangkap gambar dari kamera tersebut. Ponsel ini memiliki tebal 8.44mm, Dengan bobot yang cukup umum yakni kisaran 190 gram. Satu kekurangan dari body belakang OPPO A55 adalah mudah meninggalkan sidik jari.

Dengan tampilan glossynya, ponsel ini cukup terlihat mewah dan mampu menampilkan gradasi warga pelangi dengan sempurna didukung dengan sertifikat IPX4 sehingga ponsel ini cukup tahan dengan percikan air.

Soft Case Merupakan benda wajib untuk mendapingin OPPO A55 ini karena bisa melindungi smarphone anda dari berbagai macam resiko kerusakan seperti terjatuh atau tergores, Untungnya di paket penjualan sudah terdapat soft case secara gratis.

Layar OPPO A55

LAYAR OPPO A55

Jika kita harus membandingkan smarphone ini dengan ponsel lain di harga yang sama, Layar OPPO A55 tergolong memiliki kualitas spesifikasi layar yang standar. Kendati memiliki dimensi yang cukup luas hingga mencapai 6,51 inci, dan juga terdapat modul kamera di dalam layar OPPO A55 ini yang artinya ponsel ini sudah mengikuti tren terbaru yang ukuranya terbilang kecil sehingga tidak akan mengganggu anda ketika menonton video ataujuga bermain game.

Baca Juga :  Ini, GoPay, Dana & Link Aja: Pilih Mana?

Menggunakan panel IPS dan punya sudut pandang yang cukup lebar akan tetapi resolusinya bukan lah yang tertinggi, yaitu hanya HD+ dan dengan refresh rate standar 60Hz saja.  Akan tetapi diperkuat dengan lapisan NEG T2X-1 yang bisa dikatakan dengan Gorilla Glass. Kecerahan Maksimal yang dapat dihasilkan oleh oppo yaitu 550 nits, berarti masih aman dan masuh oke ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung, Dan juga penempatan sensor sidik jari yang berada di sebelah kanan mobil.

Kamera

Kamera OPPO A55

Segi kamera yang digadang gadang menjadi terbaik dikelasnya akan tetapi kenataanya tidak demikian. dan tergolong sama saja. Akan tetapi OPPO A55 memiliki keunggulan dengan menyematkan sensor utama yang lebih ciamik dan naik level dari resolusi 13MP saja kini OPPO A55 bersenjatakan sensor kamera 50MP dengan bukaan diafragma  dan disuport PDAF.

Keunggulan terbaik dari sensor ini adalah mendukung teknologi pixel binning berarti Ponsel ini mengasilkan foto dalam resolusi asal 12MP dengan menggabungkan 4 pixel individu agar kualitas foto lebih baik dari segi detail hingga tingkat noise. Bisa dilihat dari hasil foto nya secara keseluruhan yang sedikit lebih baik dari generasi sebelumnya., begitupun dengan mode malam nya, Oppo menghadirkan 3 filter khusus yang bisa membuat hasil jepretan anda lebih bervariatif.

Tidak adanya sensor ultra wide-angle, OPPO A55 hanya menyematkan sensor untuk foto potrait dan juga makro, Keimpulanya hasil kamera yang dihasilkan oleh OPPO A55 bisa dikatakan sedikit lebih baik daripada pesain dikelasnya.

Berikut Ini hasil lengkap jepretan OPPO A55

Untuk dari segi perekaman video, OPPO A55 masih belum menggunakan teknologi EIS jadi ketika anda sedang merekam video, tangan anda harus benar benar stabil agar footage yang dihasilkan tidak goyang. Resolusi maksimal yang dapat dihasilkan ponsel ini untuk perekaman video baik kamera depan atau belakang yakni 1080p 40fps. Dan Khusus Kamera depan, anda bisa mengaktifkan fitur AI Beautification, akan tetapi resolusinya akan diturunkan menjadi 720p.

Baca Juga :  Review realme narzo 50: HP Gaming Stylish nan Kuat

FITUR

Ponsel ini sudah di luncurkan dinegara lain sejak tahun lalu, OPPO A55 hadir dengan membawa Android 11 dan menggunakan user interface ColorOS 11.1. Memang bukan yang terbaru, tetapi fitur nya tetap lengkap mulai dari personalisasi tingkat tinggi hingga fitur tambahan seperti Quick Return Bukbble yang memungkinkan user dapat mengakses aplikasi lain saat menunggu jeda dalam bermain game.

Performa


Untuk menjamin aplikasi yang diakses sehari-hari berjalan lancar, OPPO memilih chipset yang sudah cukup lawas. Yakni MediaTek Helio G35 (12nm) dengan arsitektur CPU octa-core Cortex-A53. Dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Lalu bagaimana dengan performanya?

Sejatinya, untuk ukuran smartphone Rp2 jutaan masih oke-oke saja. Buka tutup aplikasi sampai jeda membuka aplikasi baru masih tergolong normal. Saat bermain gim, jangan berekspektasi bakal jalan lancar dengan pengaturan grafis tinggi saja. Plus, seandainya gunakan cip lebih baru, konsumsi daya pasti bisa lebih efisien.

Lewat ColorOS 11.1, performa OPPO A55 juga ditingkatkan lewat kecerdasan buatan alias AI dalam software-nya. Yakni dengan System Booster, diklaim mampu tingkatkan respon sampai 5% dan kelancaran jaringan sampai 33%.

Baterai


Impresi pada bagian ini kurang lebih sama seperti ketika menjajal OPPO A54. Pasalnya, baterai OPPO A55 juga sama-sama 5,000 mAh, dengan dukungan fast charging 18W. Tak bisa sampai 2 hari, tapi setidaknya bisa digunakan dari pagi hari sampai pagi keesokan harinya. Bisa lebih kalau pengguna mengaktifkan beberapa fitur tambahan khusus baterai.

Di dalam menu pengaturan khusus baterai, kamu bisa menemukan opsi seperti Sleep standby optimization serta Optimized night charging. Opsi pertama berguna ketika kamu tidak sempat isi daya baterai sebelum tidur, memastikan konsumsi daya sangat minim selama jam tidur. Kalau opsi kedua, cocok buat yang sering colok charger dari malam sampai pagi. Supaya baterai tetap aman alias tidak overcharge.

Untuk kecepatan isi daya OPPO A55, kurang lebih membutuhkan waktu kurang dari dua jam dari hampir habis sampai penuh. Setidaknya konsumen tak perlu membeli adaptor bawaan, karena OPPO sudah menyematkan adaptor 18W beserta kabel yang dibutuhkan dalam paket penjualan.

Baca Juga :  Review Realme C31: Jutaan HP Desain Mewah

Kesimpulan


Dengan banderol harga yang sedikit lebih mahal dari generasi sebelumnya, OPPO A55 membawa sejumlah peningkatan menarik. Mulai dari desain yang lebih segar, kamera 50MP yang bisa jepret momen lebih berkualitas, plus ColorOS lebih baru dengan sejumlah fitur menarik seperti AI Palletes.

Apakah pengguna seri sebelumnya perlu upgrade? Bila merasa masih oke-oke saja, maka opsional, karena kualitas kameranya pun sudah tergolong oke terutama kamera depannya. Namun bagi Cakrawala friends yang memang berencana cari smartphone Rp2 jutaan, smartphone stylish satu ini bisa dijadikan pertimbangan utama.


Spesifikasi OPPO A55

General

Device Type Smartphone
Model / Series Oppo A55
Released 01 Maret, 2022
Status Available
Price Rp2,699,000

Platform

Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 4GB RAM
Storage 64GB
External Storage microSDXC (dedicated slot)
Operating System Android 11
User Interface ColorOS 11.1

Design

Dimensions 163.6 x 75.7 x 8.4 mm
Weight 193 gram
Design Features Colours: Rainbow Blue, Starry Black
Battery Li-Po 5000 mAh, non-removable
Fast charging 18W

Display

Screen Type IPS LCD
Size and Resolution 6.51″, full HD + 720 x 1600 pixels (270 ppi)
Touch Screen Yes
Features 60Hz refresh rate, 120Hz touch sampling rate
NEG T2X-1

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE
SIM Dual-SIM
Data Speed

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50 MP, f/1.8 26mm (wide), 2 MP, f/2.4, 2 MP, f/2.4
Front 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Flash Yes
Video [email protected]
Camera Features

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features
FM Radio No
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass

Tinggalkan komentar