Review ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402): Laptop Berbasis 5G

CakrawalaRafflesiaASUS menghadirkan solusi laptop bisnis yang sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan 5G yaitu ExpertBook B7 Flip (B7402). Selain dapat terhubung ke jaringan seluler 4G LTE dan 5G, laptop ini juga dirancang sangat tangguh.

Laptop ini memiliki desain yang ringkas dan ringan, serta dibekali spesifikasi mumpuni untuk menunjang aktivitas para profesional di luar kantor.

Review ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Seperti diketahui, bekerja secara mobile di manapun dan kapanpun saat ini tidak hanya sekadar menjadi sebuah tren, tetapi telah menjelma sebagai sebuah tuntutan apalagi bagi para pekerja profesional.

Semakin banyak para profesional kini tidak dituntut lagi untuk terikat dengan absensi dan kewajiban untuk bekerja di dalam ruangan di kantor. Mereka kini diminta untuk selalu produktif di manapun.

Bekerja secara mobile bukan hanya sekadar memindahkan lokasi bekerja dari dalam kantor ke luar kantor, namun semua itu dilakukan demi efisiensi.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan dukungan perangkat yang mumpuni dan dapat selalu terhubung ke internet sehingga para profesional dapat melakukan tugasnya di manapun dan kapanpun.

Nah, bagaimana ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat membuat para profesional untuk dapat selalu produktif dan mobile? Mari kita simak reviewnya.

Jaringan Seluler 5G dan 4G LTE

Fitur utama yang laing diunggulkan adalah konektivitas, yaitu laptop bisnis ini telah dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE.

Fitur tersebut membuat laptop ASUS ini dapat sangat diandalkan setiap saat, khususnya ketika opsi konektivitas ke internet sangta terbatas.

Review ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Bagaimana ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE? Sama seperti telepon seluler dan smartphone, ia juga telah dilengkapi modem 5G dan 4G LTE terintegrasi.

Cukup pasang kartu SIM ke dalam slot yang disediakan dan laptop ini akan terhubung ke jaringan seluler 5G atau 4G LTE secara otomatis.

Contoh kasus penggunaan ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah ketika penggunanya sedang berada di dalam kendaraan namun membutuhkan koneksi internet ke laptopnya.

Dengan menggunakan perangkat ini, hal tersebut menjadi mudah dilakukan karena laptop bisnis tersebut sudah dapat langsung terhubung ke internet melalui jaringan 5G dan 4G LTE.

Baca Juga :  Ini, GoPay, Dana & Link Aja: Pilih Mana?

Mengapa tidak menggunakan fasilitas hotspot tethering yang tersedia di semua smartphone modern?

Berbeda dengan fasilitas hotspot tethering melalui smartphone, menggunakan koneksi 5G atau 4G LTE langsung dari laptop tidak akan “mengusik” baterai smartphone sehingga pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat lebih nyaman ketika bekerja tanpa perlu mengkhawatirkan baterai smartphone-nya.

Ergonomis dan Tangguh

Berbicara mengenai produktivitas dan mobilitas tidak mungkin bisa dilepaskan dari desain, ukuran, dan bobot sebuah laptop.

Keberadaan fitur konektivitas jaringan seluler 5G dan 4G LTE di ExpertBook B7 Flip (B7402) akan menjadi tidak berguna jika laptop tersebut sulit untuk dibawa bepergian. Inilah keunggulan kedua yang dimiliki laptop tersebut.

Ia merupakan laptop modern dengan desain yang tergolong ringkas serta memiliki bobot yang ringan. Mengusung layar 14-inci, laptop ini memiliki ketebalan bodi hanya 1,8cm serta bobot tak lebih dari 1,5Kg.

ExpertBook B7 Flip (B7402)

Hal tersebut membuatnya sangat mudah dan nyaman untuk dibawa bepergian. Anda bahkan tidak perlu menggunakan tas khusus berukuran besar untuk membawa laptop ini kemana-mana.

Tidak hanya sekadar ringkas dan ringan, laptop canggih ini juga sangat tangguh. Durabilitasnya bahkan jauh lebih tangguh dibandingkan dengan laptop pada umumnya.

Dimulai dari materialnya, bodi ExpertBook B7 Flip (B7402) menggunakan bahan magnesium aluminium yang tidak sangat tangguh dan dapat membuat bobot laptop ini menjadi lebih ringan.

Di bagian dalam bodi utamanya, dibekali dengan struktur tambahan yang dapat memperkuat integritas bodi dan port secara keseluruhan sehingga tidak mudah rusak meski laptop ini menerima guncangan atau hantaman yang cukup ekstrem.

ASUS bahkan mendesain engsel pada ExpertBook B7 Flip (B7402) secara khusus. Engsel tersebut memiliki ketahanan 50% lebih kuat dibandingkan engsel laptop convertible pada umumnya, membuatnya lebih tahan banting.

Juga telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Setidaknya ada 30 uji ketahanan ekstrem yang berhasil dilalui oleh laptop bisnis convertible ini, mulai dari getaran, guncangan, hantaman, hingga uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem.

Dirancang untuk Produktivitas

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki, laptop dirancang secara khusus untuk menunjang prdouktivitas penggunanya.

Selain menggunakan desain convertible agar dapat digunakan secara lebih fleksibel, ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi dengan fitur yang dapat membuat penggunanya lebih nyaman saat bekerja.

Baca Juga :  Review Realme C31: Jutaan HP Desain Mewah

Dimulai dari keyboard, dirancang agar penggunanya nyaman ketika mengetik. Keyboard tersebut memiliki key travel sejauh 1,5mm dan hadir dengan jarak antar tombol yang sangat ideal seperti halnya keyboard PC desktop pada umumnya, sehingga penggunanya tidak perlu memakan waktu untuk menyesuaikan diri dengan layout-nya.

Laptop asus

Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan fitur anti-spill pada keyboard sehingga laptop ini tetap dapat bertahan meski tersiram cairan hingga 330ml.

Selain keyboard, struktur bodi dirancang agar tampil lebih ergonomis dan nyaman untuk penggunanya. Sistem ErgoLift Hinge yang sudah banyak digunakan di berbagai laptop ASUS kini kembali hadir di laptop ini.

ErgoLift Hinge juga akan membuat bodi utama laptop sedikit terangkat ketika digunakan pada mode clamshell. Karena bodi utamanya terangkat, posisi mengetik menjadi lebih nyaman.

ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dilengkapi fitur khusus di touch-ad-nya. Fitur tersebut adalah NumberPad 2.0 yang memungkinkan touchpad untuk diubah fungsinya menjadi numpad melalui satu tombol.

ANumberPad 2.0 merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para profesional yang sering mengandalkan numpad untuk melakukan input angka. Sebagai laptop 14-inci, numpad fisik tidak dapat dihadirkan dan NumberPad 2.0 merupakan solusi terbaik yang dapat dimanfaatkan.

Layar ExpertBook B7 Flip (B7402) juga merupakan aspek penting yang tidak dapat ditinggalkan. Laptop bisnis convertible ini dibekali dengan layar yang nyaman untuk bekerja. Juga aman untuk kesehatan mata. 

Mengantongi sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland, layar ExpertBook B7 Flip (B7402) sangat cocok untuk para profesional yang sering menggunakan laptop dalam jangka waktu panjang.

Sertifikasi tersebut membuktikan layarnya memiliki tingkat radiasi sinar biru yang jauh lebih rendah ketimbang layar laptop pada umumnya sehingga lebih aman untuk kesehatan mata.

Bagi para profesional yang sering melakukan panggilan konferensi atau video secara online, ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah laptop yang paling tepat.

Dilengkapi dengan teknologi AI Noise-Cancelling yang membuat suara bising di sekitar pengguna laptop bisnis ini dapat diredam.

Melalui teknologi ini penggunanya dapat melakukan panggilan konferensi atau panggilan video bahkan di tempat yang bising seperti bandara dan lokasi proyek.

Baca Juga :  Review ROG Zephyrus Duo 16 GX650: Laptop Gaming Serba Bisa

Konektivitas Lengkap

Selain dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE, hadir dengan konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari port Thunderbolt 4 USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya serta fasilitas untuk menghubungkan monitor eksternal.

Dilengkapi dengan port HDMI, USB Type-A, combo audio jack, dan sebuah Micro HDMI. ASUS bahkan masih memberikan port gigabit ethernet namun dengan interface mini display port dan dapat diekstensi ke port LAN dengan konektor RJ45.

Hal tersebut sengaja dilakukan agar ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat tetap tampil tipis sekaligus memiliki MAC adress permanen.

Bagi perusahaan, laptop ini juga mempermudah proses dan keamanan bisnis. Laptop ini telah dilengkapi dengan smart card reader yang bisa digunakan sebagai fasilitas keamanan ekstra selain menggunakan kamera infra merah dengan teknologi facial recognition yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Performa Ngebut

ExpertBook B7 Flip (B7402) ditenagai oleh CPU 11th Gen Intel Core yang juga telah dilengkapi GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics.

Kombinasi CPU dan GPU tersebut tidak hanya membuatnya diandalkan untuk mengerjakan beragam tugas dan pekerjaan kantoran dengan sangat baik, tetapi juga membuat laptop ini cocok untuk multitasking apalagi ia sudah dibekali dengan memori yang sangat mumpuni.

Disokong dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB dan masih dapat di-upgrade. Memori tersebut juga didukung dengan media penyimpanan berupa PCIe SSD Gen3 berkapasitas hingga 1TB.

Penyimpanan tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih kencang dari HDD sehingga membuatnya tampil dengan performa yang sangat gesit.

Berikut adalah hasil benchmark ExpertBook B7 Flip (B7402):

Benchmark

Agar performa ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat selalu diandalkan, ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus bernama Advance Hybrid Cooling System.

Sistem pendingin ini memanfaatkan tiga heatpipe yang terhubung ke sebuah kipas dengan struktur khusus. Advance Hybrid Cooling System memungkinkannya tampil dengan performa 55% lebih kencang berkat aliran udara hingga 17% lebih baik dibandingkan jika menggunakan sistem pendingin biasa.

Lebih menariknya lagi, laptop ini dibekali dengan garansi selama 3 tahun yang dapat diperpanjang hingga 5 tahun. ASUS juga memberikan layanan on-site service bagi pengguna ExpertBook B7 Flip (B7402) dengan syarat dan ketentuan khusus.

Harga dan Spesifikasi ASUS ExpertBook B7 Flip:

Main Spec. ExpertBook B7 Flip (B7402)
CPU Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz)Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz)
Operating System Windows 11 ProWindows 11 Home
Memory 16GB DDR4 3200MHz
Storage 1TB PCIe® Gen3 SSD512GB PCIe® Gen3 SSD
Display 14”, WQXGA (2560×1600) 16:10, IPS, 400 nits, anti-glare, touchscreen with stylus support
Graphics Intel Iris X? integrated GPU 
Input/Output 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery1x mini Display Port, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 lan), 1x 3.5mm Combo Audio Jack, SIM card slot, Smart card reader
Camera 720p HD camera with IR function to support Windows Hello With privacy shutter
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2, 5G + 4G LTE connectivity
Audio Audio by DTS, Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array, microphone, harman/kardon (Premium) with Cortana support
Battery 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension  32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm
Weight 1.44 Kg
Security HDD User Password Protection and SecurityBIOS Booting User Password ProtectionComputrace ready from BIOSTrusted Platform Module (TPM) 2.0BIOS setup user passwordFingerprint sensor integrated with Power KeyIR webcam with Windows Hello supportKensington Nano Security Slot™
Price Start from Rp22.xxx.xxx (without 5G and 4G LTE)Start from Rp31.xxx.xxx (with 5G and 4G LTE)
Warranty 3 tahun garansi global

Tinggalkan komentar