Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Berbasis 4G LTE

CakrawalaRafflesiaASUS baru saja merilis solusi menarik buat pengguna laptop. Adalah ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang menyuguhkan fitur menarik. Laptop ini mampu terhubung ke jaringan seluler 4G LTE secara langsung tanpa memerlukan wifi.

Konektivitas merupakan salah satu faktor paling penting saat memilih laptop. Laptop dengan fitur konektivitas yang kurang mumpuni, apalagi tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, tentu akan menghambat produktivitas.

Tidak hanya sekadar menghambat aktivitas, konektivitas tidak mumpuni pada sebuah laptop bisa mempersulit Anda saat beraktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ASUS menghadirkan ExpertBook B3 Flip (B3402).

Review ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Dengan Koneksi 4G LTE

Bagi sebagian besar pengguna, WiFi merupakan fitur yang wajib ada di sebuah laptop modern. Hal tersebut dikarenakan WiFi merupakan cara paling praktis agar laptop dapat terhubung ke jaringan intranet ataupun internet.

WiFi tidak memerlukan kabel dan sangat mudah bagi pengguna untuk menghubungkan laptop-nya dengan jaringan WiFi yang tersedia.

Sayangnya, tidak semua tempat menyediakan jaringan WiFi. Bahkan di tempat yang menyediakan jaringan WiFi, masih terdapat titik dimana sinyal WiFi tidak bisa atau sulit diterima oleh laptop.

Lalu bagaimana jika Anda berada di situasi tanpa akses jaringan WiFi? Tentunya tidak ada salahnya untuk mengandalkan jaringan komunikasi lainnya seperti jaringan seluler 4G LTE yang sudah tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia.

Ada berbagai cara agar laptop dapat terhubung ke jaringan seluler. Salah satunya via metode tethering yaitu menjadikan smartphone sebagai “antena dan modem” agar laptop dapat terhubung ke internet melalui jaringan seluler 4G LTE.

Tethering dapat dilakukan menggunakan fitur mobile hotspot di smartphone atau menggunakan kabel data secara langsung.

Kekurangannya adalah proses tethering membutuhkan daya ekstra sehingga smartphone lebih mudah habis daya baterainya. ASUS ExperBook B3 datang untuk mengatasi problem ini. Simak ulasan lengkapnya.

Konektivitas Super Lengkap dengan 4G LTE

Sekilas ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memang terlihat seperti halnya laptop convertible pada umumnya.

Namun jika dilihat lebih baik, laptop ini memiliki beberapa perbedaan secara fisik dan fitur dibandingkan kompetitornya.

Jika Anda melihat bagian samping laptop ini, Anda akan menemukan sebuah slot kartu SIM layaknya smartphone yang kita gunakan sehari-hari.

Slot kartu SIM combo yang juga berfungsi sebagai pembaca kartu MicroSD tersebut dapat menampung kartu SIM berukuran nano yang mendukung jaringan 4G LTE.

Ya, ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah dilengkapi dengan antena dan modem 4G LTE internal sehingga laptop ini dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

Baca Juga :  Review ROG Zephyrus Duo 16 GX650: Laptop Gaming Serba Bisa

Pengaturannya pun sangat mudah. Cukup pasang kartu SIM pada slot yang disediakan dan laptop dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan fitur hotspot sehingga dapat membagikan koneksi 4G LTE-nya ke perangkat lain melalui WiFi.

Selain dapat terhubung ke jaringan 4G LTE, ia juga dibekali dengan opsi konektivitas lain yang sangat mumpuni. Mengandalkan WiFi 6, yaitu teknologi WiFi dengan konektivitas lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

ExpertBook B3 Flip (B3402) juga sangat ramah untuk kalangan enterprise yang masih mengandalkan jaringan kabel untuk terkoneksi ke dalam intranet karena dibekali dengan port ethernet (LAN) yang memiliki mac address unik untuk setiap laptop.

Opsi konektivitas lainnya adalah port USB Type-A, USB Type-C dengan Thunderbolt 4 yang mendukung DisplayPort serta USB Power Delivery, hingga HDMI untuk memudahkan penggunanya saat ingin dihubungkan ke monitor atau proyektor.

Belum lagi Bluetooth yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai aksesori atau perangkat eksternal secara nirkabel. Semua konektivitas tersebut dapat mempermudah penggunanya.

Stylus dan Kamera Kedua

Seri ini merupakan laptop convertible. Artinya layarnya dapat diputar 360 derajat dan dapat digunakan layaknya tablet dan tentu saja laptop ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh.

Agar pengalaman penggunaan layar sentuhnya maksimal, ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan stylus yang dapat disimpan di kompartemen khusus di bodi laptop ini.

Stylus laptop berbasis Windows pada umumnya yang mengharuskan Anda untuk mengganti baterai atau mengisi ulang daya stylus secara berkala. Menggunakan charger eksternal.

Tapi, stylus di ExpertBook B3 Flip (B3402) otomatis diisi dayanya saat disimpan di dalam kompartemen khususnya. Waktu pengisian dayanya pun sangat cepat. Bisa digunakan 45 menit dengan waktu pengisian daya hanya 15 detik saja.

Tidak hanya sekadar stylus, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga hadir dengan fasilitas input yang tidak ada di laptop pada umumnya yaitu NumberPad 2.0.

Fitur yang menyatu dengan touchpad di laptop ASUS terbaru ini memungkinkan Anda untuk menggunakan touchpad sebagai numpad hanya dengan melalui tombol khusus di permukaan touchpad.

ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop dengan layar 14-inci yang tidak memungkinkan hadir dengan tombol numpad fisik.

Numberpad merupakan solusi yang memungkinkan pengguna yang banyak bergantung pada kehadiran numpad di kegiatan sehari-harinya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik di ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah adanya kamera kedua. Kamera ini memiliki nama World Facing Camerw. Sengaja ditempatkan tepat sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode clamshell standar.

Namun saat digunakan pada mode tent ataupun tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama di smartphone karena posisinya yang berada di balik layar laptop ini.

Baca Juga :  Perbandingan Redmi 10 vs Redmi 10A vs Redmi 10C: Pilih yang Mana?

World Facing Camera tersebut juga menggunakan modul kamera yang lebih baik dengan sensor beresolusi 13MP. Kamera khusus dengan penempatan yang unik ini membuatnya fleksibel dan dapat digunakan di banyak aktivitas.

Hal seperti kegiatan belajar mengajar dimana siswa dapat merekam atau mengambil gambar papan tulis langsung dari tempat duduknya, atau digunakan untuk menampilkan konten augmented reality.

Perlindungan Dari Bakteri dan Radiasi Sinar Biru

ExpertBook B3 Flip (B3402) bukan hanya sekadar laptop yang dapat menunjang produktivitas Anda, tetapi juga bisa melindungi Anda dari bakteri dan radiasi sinar biru yang dapat merusak mata. Keduanya sudah terintegrasi dengan fitur laptop.

Lapisan anti bakteri telah dipasang di bagian bodi yang sejajar dengan keyboard.Lapisan anti bakteri tersebut terbuat dari bahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%.

ASUS memasang lapisan anti bakteri di bagian sekitar keyboard memang bukan tanpa alasan. Bagian tersebut adalah bagian bodi yang paling sering disentuh oleh pengguna.

Tidak tanggung-tanggung, penggunaan lapisan anti bakteri ini juga telah teruji secara ilmiah berstandar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

Tidak hanya dilengkapi lapisan anti bakteri, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menggunakan layar khusus yang dapat melindungi mata dari paparan radiasi sinar biru yang dapat merusak kesehatan mata dalam jangka panjang.

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, layarnya memiliki tingkat paparan radiasi sinar biru 70% lebih rendah berkat fitur Eye Care.

Fitur yang sudah mendapatkan sertifikasi low-blue light dari TUV Rheinland tersebut memastikan kesehatan mata Anda tetap prima meski menggunakannya dalam jangka waktu panjang.

Performa ExpertBook B3 Flip (B3402)

ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan sebuah laptop modern yang tentu saja dilengkapi dengan hardware dan spesifikasi modern. Laptop ini telah dibekali dengan CPU 11th Gen Intel Core dengan seri tertingginya menggunakan Intel Core i7-1165G7.

CPU yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut sudah sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Apalagi CPU tersebut juga telah dibekali dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics.

Berbeda dengan GPU terintegrasi generasi sebelumnya, Intel Iris X? Graphics menawarkan performa pengolahan grafis dan kalkulasi yang lebih baik.

Menariknya lagi peningkatan performa yang dihadirkan juga dibarengi dengan efisiensi penggunaan daya yang lebih baik juga sehingga membuat ExpertBook B3 Flip (B3402) mampu bertahan lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

Performa ExpertBook B3 Flip (B3402) semakin gesit berkat penggunaan media penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0.

Kemampuan multitasking-nya juga sudah sangat mumpuni karena telah dibekali dengan RAM DDR4 3200MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 48GB. Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori saat bekerja menggunakan laptop ini.

Baca Juga :  Ulasan ROG Zephyrus M16 (GU603Z): Peningkatan yang Canggih

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil benchmark ExpertBook B3 Flip (B3402):

Aman dan Tangguh

Tidak hanya memiliki performa yang gesit dan dibekali dengan fitur-fitur eksklusif yang tidak ada di laptop bisnis lainnya, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dirancang agar selalu dapat diandalkan.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop dengan keamanan kelas enterprise baik dari sisi software maupun hardware.

Sebagai laptop kelas bisnis, ExpertBook B3 Flip (B3402) tentu telah dibekali dengan modul TPM 2.0 untuk melindungi data penggunanya.

Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan pembaca sidik jari yang tidak hanya memudahkan Anda untuk login ke dalam Windows, tetapi juga mencegah orang lain mengetahui password Anda.

Fitur Privasi juga terdapat di laptop ini, seperti webcam shield yang dapat menutup webcam secara fisik sehingga aman dari ancaman spionase, hingga secure file shredder yang memastikan data dapat benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Keduanya merupakan fitur yang sangat penting bagi kalangan pebisnis yang harus selalu mamastikan datanya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang tepat.

Selain perlindungan privasi dan data, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menawarkan perlindungan secara fisik. Seluruh bodi ExpertBook B3 Flip (B3402) dirancang sedemikian rupa sehingga dapat selalu diandalkan.

ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Artinya, laptop ini telah berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem dan mampu beroperasi hampir di segala kondisi.

ExpertBook B3 Flip (B3402) juga memiliki sistem perlindungan khusus di berbagai bagian pada bodinya. Keyboard laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur anti-spill, sehingga tetap aman meski terkena tumpahan air.

Semua port-nya juga hadir dengan struktur penahan khusus sehingga meminimalisir kerusakan secara fisik. Serta yang terakhir bodi laptop ini diperkuat dengan rangka khusus yang sangat tangguh sehingga tetap aman untuk dibawa bepergian.

ExpertBook B3 Flip (B3402) untuk Siapa?

Pertanyaan terakhir yang perlu dijawab adalah untuk siapakah ExpertBook B3 Flip (B3402) sebenarnya?

Melihat spesifikasi, fitur, dan keunggulan yang ditawarkan, ExpertBook B3 Flip (B3402) sangat cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Hal tersebut tercermin dari keberadaan fitur konektivitas 4G LTE yang telah terintegrasi ke dalam laptop ini.

Selain itu, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga sangat cocok untuk mahasiswa, dosen, guru, dan akademisi yang membutuhkan laptop yang selalu dapat diandalkan.

Kehadiran kamera kedua dan stylus juga akan mempermudah mereka untuk merekam, mengambil gambar, sambil menulis catatan secara langsung menggunakan laptop ini.

Terakhir, ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop paling tepat untuk Anda yang membutuhkan laptop convertible dengan yang tahan banting dan memiliki konektivitas paling lengkap.

Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Main Spec. ExpertBook B3 Flip (B3402)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Operating System Windows 11 ProWindows 11 Home
Memory 16GB DDR4 3200MHz8GB DDR4 3200MHz
Storage 1TB PCIe® Gen3 SSD512GB PCIe® Gen3 SSD256GB PCIe® Gen3 SSD
Display 14”, FHD (1920×1080) 16:9, IPS, 250 nits, 80% screen-to-body ratio, touchscreen with stylus support
Graphics Intel Iris X? integrated GPU 
Input/Output 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0a, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet
Camera HD Web Camera with privacy shutter13.0M World Facing Camera
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2, 4G LTE
Audio Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, Built-in speakers
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension  32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm
Weight 1.61 Kg
Security Computrace ready from BIOSTrusted Platform Module (TPM) 2.0Kensington Security Slot™Fingerprint sensor integrated with Power Key
Price Start from Rp14.xxx.xxx (without 4G LTE)Start from Rp15.xxx.xxx (with 4G LTE)
Warranty 3 tahun garansi global

Tinggalkan komentar