Review Acer Predator Helios 300: Disuntik Intel Core i7 dan RTX 3070

CakrawalaRafflesia – Predator menjadi line up laptop gaming unggulan dari Acer. Salah satu model laptop gamingnya, Acer Predator Helios 300 akan kami ulas kali ini.

Varian Predator Helios 300 yang kami bahas kali ini memiliki kode PH315-54. Ini merupakan versi yang menggunakan Intel® Core™ i7 processor dan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 8GB. Gamer akan dimanjakan dengan kombinasi yang powerful ini.

Semakin penasaran dengan laptop gaming ini? Selengkapnya mengenai keunggulan dari Predator Helios 300 akan kami jabarkan di artikel berikut ini. 

Performa Unggulan Langsung dari Intel® Core™ i7 Processor Generasi ke-11

Predator Helios 300 yang kami review kali ini dimotori Intel® Core™ i7 processor. Prosesor Intel® generasi ke-11 ini memiliki 8 core dan 16 thread, serta menawarkan kecepatan hingga 4,60 GHz.

11th Gen Intel®? Core™? H-Series Processor hadir dengan arsitektur baru willow cove core 10nm SuperFin, 19% gen-on-gen multithreaded peningkatan kinerja, dan prosesor mobile single thread tercepat di dunia.

Pengolahan grafik nya mengandalkan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 yang menggunakan arsitektur NVIDIA Ampere. Arsitektur ini memungkinkan efisiensi energi meningkat, mempercepat kinerja sistem AI dan menghasilkan grafik ray tracing yang realistis.

Dengan gabungan tenaga dari kedua komponen unggulan ini, Anda bisa memainkan berbagai game terkini dengan lancar. Salah satunya adalah game yang memang dikenal meminta spesifikasi cukup berat, yakni Cyberpunk 2077.

RAM laptop ini berkapasitas 16 GB. Sementara memori penyimpanannya tersedia seluas 512 GB. Acer memberikan kemudahan untuk melakukan upgrade pada dua komponen ini.

Untuk bagian RAM bisa ditingkatkan hingga kapasitas 32 GB. Sedangkan untuk ruang penyimpanannya bisa ditingkatkan hingga maksimal 2 TB SSD dan 2 TB HDD.

Baca Juga :  Ulasan Metaverse: Definisi, Cara Kerja & Contoh

Desain Khas dari Acer Predator Helios 300

Tidak sekadar tampilannya yang terlihat kokoh, namun juga dengan material yang digunakannya. Bodi dari Predator Helios 300 dibuat dari material metal dan sasis yang memanfaatkan bahan logam.

Acer memperhatikan desain laptop ini dengan seksama agar kinerja pendinginan tetap optimal, meski performa dipacu di tingkat tertinggi. Mereka menerapkan desain termal yang canggih dan efisien di Predator Helios 300.

Terpasang lubang udara untuk mengalirkan suhu yang ditempatkan dengan posisi strategis dan didukung teknologi Acer CoolBoost™. Tetapi komponen paling penting adalah sistem pendingin dua kipas yang salah satunya adalah kipas 3D AeroBlade™ Generasi ke-5. 

Desain kipas generasi terbaru ini terinspirasi oleh sayap burung hantu  yang memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kebisingan.

Bagian bilah kipas memiliki ketebalan hanya 0,08 mm dengan  tepi bergerigi, sayap kecil di bagian atas dan bawah, serta sirip melengkung di sepanjang bagian dalam setiap bilah. 

Menurut Acer, desain ini menghasilkan peningkatan aliran udara hingga 55 persen dibandingkan dengan kipas plastik biasa. Walaupun pendinginannya bekerja, namun Anda tidak akan terganggu berkat kebisingan yang sangat minim. 

Predator Helios 300 hadir dengan keyboard baru. Pada bagian keyboard menampilkan font unik khas Predator. Tidak ketinggalan pastinya pencahayaan RGB 4 zona yang semakin memperkuat citra Predator Helios 300 sebagai laptop gaming.

Menjawab kebutuhan gamers, area tombol spasi dibuat lebih besar, dan tombol WASD, tombol panah, dan hotkey  Predator Sense didesain berbeda dengan tombol sekitarnya dengan finishing transparant serta bentuk cekung pada bagian bawah.

Selain punya desain yang baru, fungsionalitasnya juga ditingkatkan berkat adanya hotkey Predator Sense dan Turbo terbaru. Fungsi dari kedua tombol ini akan kita bahas lebih lanjut nanti di bagian fitur.

Baca Juga :  Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Berbasis 4G LTE

Layar laptop ini berjenis IPS dan berukuran 15,6 inci QHD. Layar Nya juga disematkan refresh rate tinggi 165Hz dan response time 3ms, membuat transisi konten yang ditampilkan tampak lebih smooth. 

Dilengkapi pula dengan DCI-P3 100% yang menjamin akurasi warna yang tinggi hingga mendekati aslinya. Ini membuat layar dari Predator Helios 300 tidak hanya bisa mendukung aktivitas gamers, tetapi juga pembuat konten.

Laptop gaming ini juga sudah dilengkapi port USB Type-C, port USB 3.2 Gen 2, DisplayPort over USB-C, USB Thunderbolt 4, USB charging 5 V, 1 port USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging, 2 port USB 3.2 Gen 1, port HDMI 2.1 with HDCP support, Mini DisplayPort 1.4, RJ-45, jack audio 3,5 mm.

Fitur Pendukung Gaming

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, pada bagian keyboard terpasang dua tombol hotkey, yakni Turbo dan PredatorSense. Fungsi dari tombol Turbo adalah pengguna untuk melakukan overclock pada laptop, tanpa perlu repot.

Sementara tombol PredatorSense berfungsi mengaktifkan aplikasi PredatorSense yang bisa memantau dan mengatur banyak fungsi. Dalam aplikasi tersebut Anda dapat melihat CPU clock rate, temperatur, dan fan speed. Selain itu Anda juga bisa mengatur kecepatan kipas, lighting, hingga overclock GPU.

Laptop ini juga menyuguhkan fitur untuk menjaga koneksi internet tetap stabil berkat E2600 Ethernet Controller, Killer ™ Wi-Fi 6 AX1650i dan Control Center 2.0. Menurut kami ini sangat berguna, terutama Anda yang gemar bermain game online.

Kesimpulan

Demikian review kami pada laptop Predator Helios 300 yang ditangani langsung oleh Intel® Core™ i7 processor. Laptop ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang tengah mencari laptop gaming dengan kemampuan yang bisa diandalkan.

Baca Juga :  Review POCO M4 Pro 4G: HP Dengan Spek Maksimal

Tertarik untuk membelinya? Laptop gaming ini resmi dijual di Indonesia dan memiliki label harga Rp 27.999.000. Predator Helios 300 bisa dibeli baik secara online maupun offline pada link https://store.acer.com/en-id/predator-helios-300-ph315-54-3070-nh-qc1sn-001 .

Tinggalkan komentar