7 Kamera Terbaik yang Bagus untuk Foto dan Vlog 2022

CakrawalaRafflesia – 7 Kamera terbaik yang bagus untuk foto dan vlog di 2022 bisa untuk kamu membuat konten video dan foto agar lebih keren layaknya konten kreator profesional.

Berkarir sebagai konten kreator di platform YouTube, Instagram maupun sosial media lain dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dan ketenaran dengan persyaratan konten yang kamu hasilkan memang bagus dan layak sukai banyak orang.

Untuk membuat konten manarik seperti itu tentu saja dibutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah kamera vlog terbaik buat video konten kreator. Tapi juga menjadi kamera untuk mengambil foto yang bagus.

Kamera Terbaik yang Bagus untuk Foto dan Vlog

Kamera terbaik untuk foto yang bagus seperti apa yang dibutuhkan? Apakah digital single-lens reflex (DSLR) atau mirrorless? Bagaimana kualitas gambar, audio, dan stabilizer kamera tersebut? Mari kita ulas geng!

Ini dia kamera terbaik yang bagus untuk foto. Bisa juga menjadi kamera vlog buat konten kreator.

1. Sony A6400 (Rp. 12,9 Juta)

Kamera Terbaik yang Bagus untuk Foto

Sony A6400 memiliki layar flip 180 derajat yang bisa diputar ke atas. Kamu tak perlu repot-repot mengatur tripod, cukup pegang dengan satu tangan jika ingin berbicara di depan kamera.

Dilansir VloggerPro, layarnya juga bisa diputar ke bawah dengan sudut 78 derajat. Video yang dihasilkan jernih dan tajam karena formatnya 4K.

Baca Juga :  Kamera Mirrorless Murah Terbaik Harga 2 Jutaan (Maret 2022)

Bagi kamu yang suka membuat video time-lapse, manfaatkan fitur interval recording yang sudah disediakan. Tetapi, Sony A6400 tidak dibekali dengan image stabilization sehingga video yang dihasilkan rentan akan guncangan.

Baterai yang digunakan adalah NP-FW50 yang kapasitasnya hanya 1020 mAh.

2. Fujifilm X-S10 (Rp. 17,5 Juta)

kamera vlog terbaik

Fujifilm X-S10 adalah kamera mirrorless yang compact dan ringan. Beratnya hanya 465 gram. Terdapat layar flip-out yang bisa diputar ke depan agar kita bisa melihat wajah kita sendiri ketika berbicara di depan kamera.

Selain bisa merekam video dalam format 4K, terdapat in-body image stabilization lima sumbu untuk mengurangi getaran supaya video yang dihasilkan tetap halus.

Mengutip The Verge, terdapat microphone input supaya audio yang dihasilkan lebih jelas dan mudah diedit. Baterai yang digunakan adalah NP-W126S yang berkapasitas 1260 mAh, cukup untuk dipakai nge-vlog seharian.

3. Canon EOS M50 Mark II (Rp. 11,7 Juta)

kamera untuk konten kreator

Kamu bisa merekam video dalam format 4K, baik secara horizontal maupun vertikal. Terdapat fitur face & eye detection autofocus dan movie servo AF untuk menjaga fokus pada subjek, bahkan ketika sedang bergerak.

Untuk menjaga agar video tetap stabil, fitur movie digital IS akan membantumu. Video akan lebih steady jika kita menggunakan lensa yang dilengkapi dengan image stabilization.

Guncangan akan diminimalkan, bahkan ketika kita merekam video sambil berjalan sekalipun. Dengan kamera terbaik untuk foto yang bagus ini kamu bisa melakukan live streaming YouTube dengan Canon EOS M50 Mark II. Dengan koneksi Wi-Fi yang stabil, kamu bisa berinteraksi dengan audiens secara langsung.

4. Nikon Z fc (RP. 17 Juta)

kamera buat foto dan vlog terbaik

Sama seperti beberapa kamera sebelumnya, Nikon Z fc bisa merekam video dalam format 4K dan dibekali dengan flip screen. Terdapat fitur eye-detection AF yang otomatis mengunci fokus pada mata bahkan objek bergerak seperti hewan.

Baca Juga :  Harga & Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Bagi content creator, kualitas audio sama pentingnya dengan video. Kamu bisa menangkap suara berkualitas tinggi dengan built-in stereo mic atau menggunakan mikrofon eksternal yang bisa disambungkan lewat jack 3,5 mm.

Namun, karena tidak ada in-body stabilization, kamu harus menyiasatinya dengan gimbal agar hasilnya tidak shaky. Cocok jadi kamera vlog terbaik.

Dengan berat hanya 445 gram, kamu bebas membuat vlog tanpa merasa pegal. Untuk daya, menggunakan baterai lithium-ion EN-EL25 yang kapasitasnya 1120 mAh.

5. GoPro Hero 10

Bikin vlog tidak harus selalu pakai kamera mirrorless. Kalau kamu suka berpetualang ke tempat yang menantang, gunakan action camera seperti GoPro Hero 10.

Tak tanggung-tanggung, kamera mungil ini bisa merekam video dalam format 5,3K! Hasilnya pun stabil berkat teknologi HyperSmooth yang disertakan di dalamnya.

Yang tidak dimiliki oleh kamera mirrorless adalah kemampuan waterproof yang tahan hingga kedalaman 33 kaki (10 meter). Selain itu, kamu bisa membuat video menjadi dramatis berkat fitur timewarp 3.0 dan 8X slow-motion.

Akan tetapi, tidak ada yang sempurna. Baterainya hanya tahan 3 jam jika dipakai terus-menerus, mengutip Digital Camera World. Ukurannya juga lebih besar daripada GoPro versi sebelumnya.

6. Insta360 ONE X2 (Rp. 7,5 Juta)

Sedikit lebih tinggi dari GoPro Hero 10, Insta360 ONE X2 bisa merekam dalam format 5,7K. Seperti namanya, kamera vlog terbaik ini bisa merekam video dengan sudut 360 derajat alias menyerupai globe!

Laman Digital Camera World memujinya sebagai kamera yang detail, tajam, dan penuh warna. Kualitas audionya baik karena memiliki empat mic, baterainya juga awet karena berkapasitas 1.630 mAh. Fitur creative edits membuat hasilnya terlihat unik dan istimewa.

Baca Juga :  CVN Guardian DDR5, Kartu Grafis Terbaru Buat Gamers

Meski begitu, kita hanya bisa merekam video berformat 5K dengan durasi 80 menit atau bahkan kurang dari itu. Dan fitur waterproof-nya hanya bekerja dengan kedalaman maksimal 5 meter saja.

7. DJI Pocket 2 (Rp. 6 Juta)

Jika kamu mencari action camera yang lebih terjangkau dari GoPro Hero 10, maka DJI Pocket 2 adalah jawabannya. Tetapi, DJI Pocket 2 hanya bisa merekam video dalam format 4K.

DJI Pocket 2 nyaman dipegang karena bentuknya disesuaikan dengan genggaman tangan. Dengan gimbal stabilization, video akan tetap halus walau kita sedang berjalan atau berlari.

Minusnya, kamera terbaik untuk vlog bagus ini akan menjadi panas apabila kita terlalu lama merekam dalam format 4K. Selain itu, noise handling-nya juga masih kurang. Kemampuannya dalam merekam area yang minim cahaya juga perlu ditingkatkan.

Nah itulah dia kamera terbaik untuk foto yang bagus. Juga merupakan kamera vlog buat mereka yang ingin menjadi konten kreator.

Cocok buat yang menginginkan hasil aesthetic atau blur ala mereka yang membutuhkan hasil keren.

Tinggalkan komentar