6 Cara Cek Kuota Telkomsel via Dial, SMS, Aplikasi, CS, Web, dll

kaltimtuntas.id – Telkomsel merupakan provider populer di Indonesia. Sudah banyak orang yang menggunakan Telkomsel namun kenyataannya masih ada saja yang belum tahu kode dial dan cara keseluruhan menggunakannya.  Salah satunya adalah banyak yang belum tahu cara cek kuota Telkomsel.

Padahal caranya sangat mudah dan bisa melalui beberapa cara. Mungkin ini terasa aneh jika pengguna Telkomsel belum tahu cara untuk mengecek kuota dan yang lainnya. Memang ada beberapa cara namun semuanya memiliki kemudahan tergantung dari pengguna mau menggunakan yang mana.

Tidak bisa dipungkiri bahwa provider yang satu ini menawarkan berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan yang lain. Tidak heran jika banyak yang tetap menggunakannya bahkan hingga saat ini. Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara untuk cek kuota dan beberapa informasi lainnya

6 Cara Cek Kuota Telkomsel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ada beberapa langkah atau cara untuk cek kuota di Telkomsel.  6 cara di bawah ini nantinya bisa digunakan sesuai dengan keinginan. Pengguna bisa memilih cara mana yang sekiranya paling mudah dan tentunya paling cepat.

1. Cek Melalui Dial

 

Cara cek kuota Telkomsel pertama dan bisa dibilang cara ini yang paling mudah. Cek kuota lewat dial memang sudah banyak diterapkan oleh pengguna Telkomsel karena memang simpel dan cepat. Hanya butuh beberapa langkah saja untuk berhasil melalukan cek kuota di sini.

Dengan cara ini pengguna tidak memerlukan banyak bahan atau aplikasi tambahan. Hanya mengandalkan dial di dalam menu panggilan saja sudah cukup. Itulah alasan mengapa banyak orang yang memilih cara ini daripada cara yang lain. Sudah terlihat mudah dan simpel bahkan di awal penjelasan.

Untuk cek kuota dial Telkomsel ini pengguna harus tahu nomor dialnya. Inilah yang biasanya tidak diketahui oleh banyak orang termasuk penggunanya sendiri. Dari pada kebingungan maka bisa langsung saja simak beberapa cara cek lewat dial di bawah ini.

  • Langkah awal menuju ke aplikasi panggilan di ponsel. Lalu masukkan saja nomor dial *888# . Tunggu beberapa saat hingga muncul dial box.
  • Setelah muncul beberapa opsi langsung pilih saja opsi Cek Kuota. Opsi ini sering berubah nomor urutnya jadi pilih saja yang tertulis Cek Kuota.
  • Akan ada pilihan terakhir yang terdiri dari berbagai macam pilihan kuota namun langsung saja pilih Kuota Internet. Setelah ini tunggu saja hingga Telkomsel memberikan pemberitahuan lewat SMS.
  • Jika SMS sudah terkirim dan di dalamnya tertera pesan isi kuota maka cara ini sudah benar-benar berhasil.

2. Cek Dari MyTelkomsel

Cek-Dari-MyTelkomsel

 

Cara kedua yang bisa dibilang mudah juga adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Jadi pihak Telkomsel sendiri telah mengeluarkan aplikasi resmi di mana aplikasi tersebut digunakan untuk banyak hal dari mulai mengaktifkan paket data, cek kuota, cek promo, dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut memang digunakan khusus untuk para pengguna setia Telkomsel untuk mendapatkan layanan yang terbaik dan termudah. Dengan sekali akses saja pengguna bisa melihat banyak hal dan informasi resmi dari pihak Telkomsel salah satunya informasi tentang jumlah kuota.

Dikatakan mudah untuk cek kuota karena hanya dengan sekali langkah saja sudah bisa melihat sisa kuota. Para pengguna setia Telkomsel juga rata-rata atau kebanyakan memasang aplikasi MyTelkomsel ini. Hal itu untuk memudahkan segala hal yang berhubungan dengan provider itu sendiri.

  • Cara cek kuota Telkomsel melalui aplikasi yang pertama adalah dengan download dan pasang aplikasinya. Bisa langsung menuju ke Play Store atau App Store untuk mendapatkan aplikasinya.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang maka langsung saja buka. Jika baru pertama kali menggunakan aplikasi ini maka lakukan dulu pendaftaran dengan email dan juga nomor telepon.
  • Verifikasi nomor telepon lewat kode yang dikirimkan dari SMS. Nantinya setelah kode berhasil di masukkan maka akan langsung masuk ke aplikasi.
  • Di tampilan awal aplikasi sudah akan tertera sisa kuota yang dimiliki. Jika pengguna memang ingin mengetahui data yang lebih detail langsung saja klik jumlah kuota maka nanti akan diarahkan ke tampilan baru.
Baca Juga :  7 Aplikasi Penghasil PayPal dengan Pembayaran Tercepat dan Terbukti 2022

3. Cara Cek Kuota Lewat SMS

Cara-Cek-Kuota-Lewat-SMS

Untuk melakukan pengecekan kuota di Telkomsel bisa juga mengandalkan SMS. Cara ini juga bisa dibilang cek kuota Telkomsel mudah yang juga banyak digunakan oleh pengguna setia. Tidak ada kesulitan yang berarti dengan menggunakan cara ini karena hanya butuh beberapa langkah saja.

Mungkin cara ini juga yang belum banyak diketahui oleh orang-orang terutama pengguna Telkomsel.  Padahal cara ini bisa jadi opsi lain jika ingin melakukan cek kuota. Banyak yang tahu bahwa bisa cek kuota melalui SMS tapi tidak tahu cara dan kode apa yang harus dimasukkan.

Memang untuk cara yang satu ini kuncinya harus tahu kode apa yang harus dikirim. Mungkin setelah mengetahui kodenya bisa menggunakan cara ini untuk cek kuota karena memang mudah. Berikut beberapa langkah atau metode yang harus dilakukan untuk cek kuota melalui SMS.

  • Langkah awal sudah pasti menuju ke aplikasi pesan terlebih dahulu lalu. Masuk ke penulisan besar baru dan masukan saja kode UL ( spasi ) INFO dan kirimkan saja ke nomor tujuan 3636.
  • Setelah pesan terkirim maka tunggu beberapa saat hingga pihak Telkomsel memberikan SMS pemberitahuan kuota. Jika sudah muncul SMS maka cek kuota sudah berhasil namun jika tidak kunjung mendapatkannya maka bisa ulangi langkah tersebut.
  • Bisa juga mengulanginya namun dengan kode yang berbeda yaitu dengan kode FLASH ( spasi ) infov2 lalu kirimkan saja ke nomor yang sama yaitu 3636. Tunggu hingga SMS sudah masuk dan kuota sudah bisa diketahui.
  • Semua cara di atas tidak dipungut biaya apa pun jadi gratis dan pengguna bisa saja menggunakannya terus menerus.

4. Cek Lewat Costumer Service

Cek-Lewat-Costumer-Service

Ada banyak cara cek kuota Telkomsel salah satunya adalah dengan mengandalkan costumer service.  Seperti yang diketahui bahwa setiap provider punya costumer service yang fungsinya untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna dan juga membantu berbagai macam masalah pelanggan.

Salah satunya adalah dengan membantu untuk cek kuota. Memang sedikit aneh namun cara ini memang benar-benar bisa digunakan. Tergantung dari masing-masing pengguna ingin menggunakan cara ini atau tidak. Tidak banyak juga yang menggunakan cara ini karena tidak efektif.

Ada cara lain yang dinilai lebih cepat dan mudah daripada menggunakan layanan CS. Cara yang satu ini bisa dipilih jika memang cara yang lain sedang eror atau tidak bisa digunakan. Namun harus diketahui bahwa untuk akses cara ini pengguna akan dikenakan biaya sekitar Rp. 300.

  • Untuk caranya langsung saja menuju ke dial lalu masukkan nomor 188.
  • Nantinya pengguna tinggal mengikuti setiap langkah dan arahan dari costumer service itu sendiri. Nanti akan ada sesi untuk cek kuota dan pilih saja opsi tersebut.
  • Ikuti semua langkah dan arahan jika benar-benar ingin cek kuota dengan cara ini jangan sampai kelewatan langkah atau metodenya.
Baca Juga :  Cara Membuat Secreto dan Posting di Media Sosial FB, IG, TikTok

5. Cek Lewat Website Resmi

Cek-Lewat-Website-Resmi

Cara selanjutnya yang bisa jadi pilihan untuk cek kuota di Telkomsel adalah dengan mengunjungi website resminya.  Seperti yang diketahui provider sebesar Telkomsel sudah pasti punya website resmi yaitu Telkomsel.com . Di sana pengguna bisa mengetahui banyak hal terkait Telkomsel.

Dari mulai produk baru hingga berbagai macam promo menarik bisa dilihat dan didapatkan di website resminya.  Tentunya hal ini membuat pelanggan setia mampu mengetahui berbagai informasi yang sangat eksklusif. Bahkan untuk cek kuota internet juga tersedia di website resmi tersebut.

Langkah ini dibilang cara cepat cek kuota Telkomsel. Hal itu karena hanya butuh beberapa metode saja sudah bisa mengetahui jumlah kuota yang tersisa. Mungkin banyak orang yang belum tahu cara yang satu ini jadi bisa langsung cek caranya di bawah ini agar bisa langsung digunakan.

  • Menuju ke browser terlebih dahulu dan yang disarankan adalah Chrome. Langsung saja menuju ke website resmi dari Telkomsel yaitu di Telkomsel.com
  • Nantinya setelah masuk akan ada perintah untuk memasukkan nomor telepon sebagai akun untuk login. Setelah memasukkan nomor maka tunggu hingga terdapat SMS kode verifikasi. Masukkan saja kode tersebut ke kolom yang sudah tersedia.
  • Setelah masuk di sana akan ada menu utama dan di sana ada ikon telepon. Langsung saja klik atau pilih opsi tersebut dan nantinya sudah akan tertera jumlah sisa kuota yang dimiliki.
  • Syarat untuk menggunakan cara ini adalah koneksi internet jadi pastikan punya koneksi dan sisa kuota. Jika tidak ada maka bisa menggunakan cara lain yang sekiranya tidak membutuhkan data dan juga koneksi.

6. Cek Lewat Email

Cek-Lewat-Email

 

Cara terakhir dan bisa dibilang cara yang paling tidak efektif adalah cek melalui email. Memang untuk cek kuota memang disediakan email untuk mengetahui sisa kuota.  Namun cara ini dibilang hanya buang-buang waktu dan juga kuota karena harus mengirimkan email terlebih dahulu.

Dengan metode ini maka pengguna harus menunggu balasan dari pihak Telkomsel dan balasan tersebut tidak langsung ada. Waktu untuk menunggu balasan ini cukup lama jadi cara ini benar-benar tidak efisien. Hanya digunakan jika memang darurat dan tidak bisa menggunakan cara yang lainnya.

Untuk cara cek kuota Telkomsel ini memang membutuhkan koneksi yang lancar. Tidak banyak bahkan sangat sedikit pengguna yang menggunakan cara ini untuk cek kuota. Hal itu karena sudah ada banyak cara lain yang lebih mudah dan simpel tidak harus sampai mengirimkan email.

Jadi untuk menggunakan cara ini pengguna bisa mengirimkan email dengan pesan cek kuota terserah dari pengguna yang penting isi pesan jelas lalu kirimkan ke email [email protected] . Terakhir tinggal menunggu balasan langsung dari email tersebut dan waktunya tidak pasti berapa lama.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel

Cara-Mendapatkan-Kuota-Gratis-Telkomsel

Telkomsel sebagai provider yang terpercaya selalu memberikan banyak hal istimewa kepada semua pelanggannya salah satunya adalah kuota gratis. Memang tidak jarang Telkomsel memberikan kuota gratis bagi para pelanggan sebagai bentuk apresiasi. Berikut ini beberapa caranya yang bisa saja berhasil didapatkan.

1. Kuota Gratis Bagi Pelanggan Setia

Kuota pertama yang bisa didapatkan secara gratis oleh para pelanggan setia. Jumlah kuota yang bisa didapatkan di sini juga cukup besar.  Mungkin banyak orang dan pelanggan setia Telkomsel yang belum tahu cara mendapatkan kuota gratis ini. Lumayan bisa diambil atau diklaim jika kuota habis.

Baca Juga :  13 Aplikasi Penghasil Uang Resmi Langsung ke Rekening Aman!

Setelah mendapatkan kuotanya nanti bisa langsung di cek dengan cara cek kuota Telkomsel di atas. Tentunya hal ini bisa sangat menguntungkan karena mungkin tidak semua provider memberikan hal yang sama.  Maka manfaatkan yang diberikan oleh pihak Telkomsel itu sendiri.

Jadi untuk mendapatkan kuota gratis ini pengguna tidak memerlukan aplikasi apa pun karena hanya cukup dengan dial. Tentu akan lebih memudahkan setiap orang dalam mendapatkan dan mengakses kuota gratis ini. Ikuti saja beberapa langkah di bawah ini untuk klaim kuota gratis dari Telkomsel langsung.

  • Untuk awalan langsung menuju ke dial di ponsel lalu masukkan saja kode *363*69# . Tunggu beberapa saat hingga muncul pop up dengan peringatan bahwa permintaan sedang diproses. Nanti jika berhasil maka akan ada SMS pemberitahuan mendapatkan kuota gratis.
  • Untuk cara ini memang terdapat beberapa syarat yaitu nomor adalah untukku wilayah Jawa Timur, Bali, dan NTB. Jadi jika pengguna berada di wilayah yang berbeda maka cara ini tidak bisa digunakan atau diterapkan.
  • Namun jangan khawatir karena masih ada cara kedua yaitu dengan dial kode berbeda. Caranya sama saja masuk ke menu dial telepon dan masukan kode *363*65# . Nanti akan muncul beberapa opsi pilihan jadi ikuti saja prosedur hingga muncul klaim kuota gratis.
  • Dengan begini maka pengguna bisa mendapatkan kuota gratis dengan nilai yang bisa mencapai 4GB. Jumlah yang lumayan untuk kuota gratis dan cara mendapatkannya pun sangat

2. Kuota Gratis Bagi Pelajar

Telkomsel juga menyediakan kuota gratis bagi para pelajar di tengah masa pembelajaran online. Hal ini tentunya sangat membantu pelajar dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran online yang tentunya butuh banyak kuota untuk mengakses segala hal dan informasi yang ada di internet.

Untuk para pelajar dan mahasiswa tentunya bisa klaim dan menggunakan kuota gratis ini untuk berbagai kebutuhan seperti akses Ruang Guru dan aplikasi pembelajaran lainnya. Kuota yang diberikan bisa menyentuh angka 30GB jadi pelajar dan mahasiswa tidak perlu khawatir lagi kehabisan kuota.

Ada syarat utama untuk mendapatkan kuota yang satu ini yaitu nomor yang digunakan sudah terdaftar sebagai nomor pelajar dan mahasiswa aktif. Jika belum maka tidak bisa dan tidak akan muncul hadiah kuota gratis ini. Jadi segera daftarkan nomor dan pastikan masih berstatus pelajar dan mahasiswa aktif.

  • Untuk mendapatkan kuota yang besar ini langkahnya sangat sederhana yaitu tinggal dial ke *123# . Nanti akan ada opsi untuk klaim kuota gratis 30 GB dan langsung saja pilih opsi tersebut. Tunggu hingga muncul notifikasi dan nantinya bisa mengeceknya dengan cara cek kuota Telkomsel.
  • Selain melalui dial, pengguna juga bisa klaim kuota pelajar melalui aplikasi MyTelkomsel. Tinggal masuk saja dengan nomor telepon yang sudah terdaftar.
  • Setelah masuk akan ada opsi untuk klaim kuota 30GB tersebut dan pilih saja opsi tersebut. Tunggu hingga muncul notifikasi SMS dan jika sudah maka kuota berhasil masuk.

Cara cek kuota Telkomsel memang mudah dan beragam.  Setiap pengguna bisa memilih cara mana yang nyaman digunakan.  Meski ada cara yang tidak efektif namun cara yang lain bisa dibilang sangat cepat dan mudah untuk diterapkan bahkan bagi pelanggan baru Telkomsel.

 

Lihat Juga :

Tinggalkan komentar