Apa Itu Qris dan Cara Menggunakannya, Ternyata Mudah!

CakrawalaRafflesia – Sekarang ini sudah terdapat banyak pembayaran yang bisa memudahkan penggunanya. Di zaman yang semakin populer seperti sekarang ini pembayaran sudah bisa dilakukan secara nontunai dengan mengetahui apa itu qris dan cara menggunakannya yang cocok untuk Anda.

Apa itu Qris?

Untuk Anda yang belum tahu, Qris adalah platform yang mempunyai kepanjangan QR Code Indonesian Standard yang membantu penggunanya bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah.

Tentu saja, pembayaran menggunakannya sangat aman. Termasuk aman karena Bank Indonesia sudah resmi meluncurkan Qris untuk pembayaran yang bisa melalui aplikasi uang elektronik.

Aplikasi pendukung ini bisa diunduh kapan saja dan dimana saja untuk pengguna yang ingin melakukan pembayaran menggunakan cara yang mudah seperti non tunai.

Pembayaran menggunakan fasilitas ini sangat mudah untuk dilakukan Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kode yang nantinya akan keluar di aplikasi yang sudah diunduh.

Kemudian, kasir hanya akan scan QR Code untuk melanjutkan pembayaran hingga selesai. Metode pembayaran ini biasanya bisa melalui m-banking juga lalu, OVO dan Gopay bisa juga melalui Dana.

Jadi, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dompet digital ini untuk memudahkan Anda saat melakukan pembayaran yang dilakukan secara nontunai menggunakan scan kode.

qris adalah

Qris Adalah…

Qris adalah salah satu alat pembayaran yang bisa dilakukan melalui e-wallet sampai m-banking untuk melakukan transaksi dengan sangat mudah.

Cara penggunaannya juga sangat gampang jadi, untuk Anda yang ingin menggunakan metode pembayaran ini bisa sangat membantu.

Anda hanya bisa melakukan transaksi scan kode melalui beberapa merchant yang menyediakan tempat untuk melakukan pembayaran scan kode qr karena banyak orang sudah mengetahui tentang apa itu Qris dan cara menggunakannya yang gampang.

Baca Juga :  Jadi Pro Bikin Video Pendek, Pakai Galaxy S22 Ultra 5G

Sekarang ini sudah banyak beberapa tempat atau merchant yang menyediakan scan kode menggunakan platform ini yang lebih dinilai efisien. Jadi, orang-orang yang tidak membawa uang tunai sekalipun bisa melakukan pembayaran menggunakan metode ini sangat membantu.

Cara Menggunakannya

Seperti yang sudah kita tau banyak orang pasti ingin mendapatkan cara mudah untuk melakukan transaksi seperti misalnya pembayaran. Bayangkan saja, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi yang sangat memudahkan dan tentu saja, sangat terbantu.

Anda bisa memanfaatkannya untuk memudahkan Anda saat melakukan pembayaran di tempat yang memang sudah menyediakan scan kode Qris. Anda bisa langsung memberitahukan kepada kasir untuk melakukan pembayaran dengan cara nontunai.

Pembayaran yang dilakukan dengan cara nontunai dinilai lebih efisien dan lebih mudah saat melakukan transaksi baik yang bisa dilakukan melalui m-banking maupun dompet digital lainnya. Aplikasi yang disediakan untuk melakukan pembayaran nontunai ini tentu saja, sangat aman.

Setiap pengguna bisa mengunduh aplikasi yang memang sudah diberikan untuk memudahkan Anda saat melakukan transaksi pembayaran. Untuk bisa menggunakan, ada beberapa tempat yang memang sudah menyediakan tempat scan logo qris ini untuk pengguna.

Ada juga tempat yang masih belum menyediakan tempat scan kode qr ini jadi, sebelum Anda mulai berbelanja akan lebih baik untuk menanyakan kepada petugas maupun kasir mengenai pembayaran melalui qris ini. Dengan begitu, Anda bisa siapkan sebelum pembayaran.

Jika bisa menggunakan pembayaran qris maka, akan lebih mudah akan tetapi, jika belum bisa menggunakan maka, Anda bisa mempersiapkan uang tunai saat melakukan pembayaran. Di zaman yang seperti sekarang ini memang sudah banyak tempat yang menyediakan scan kode.

Selain pembayaran yang mudah qris ini dinilai lebih efisien untuk melakukan pembayaran secara nontunai. Banyak orang juga sudah tau apa itu qris dan cara menggunakannya sangat mudah tentu saja, Anda tidak perlu khawatir karena pembayaran menggunakannya aman.

Baca Juga :  Apa itu NFC, Cara Menggunakan & Manfaatnya

Lebih Praktis

Qris sudah resmi diluncurkan oleh bank indonesia yang memudahkan penggunanya bisa bertransaksi dengan aman. Anda bisa menggunakan pembayaran ini di berbagai tempat seperti toko, pedagang, warung, tempat parkir, maupun tiket wisata yang ada berlogo qris.

Menggunakan fitur ini memang lebih praktis Anda bisa langsung melakukan scan kode di tempat-tempat yang sudah disediakan untuk melakukan transaksi pembayaran. Jadi, untuk Anda yang ingin melakukan pembayaran yang mudah bisa menggunakan qris yang praktis.

Gampang Digunakan

Cara untuk melakukan pembayaran dengannya tentu saja, sangat gampang Anda bisa memilih dan mengunduh aplikasi yang sudah ada terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan registrasi ke salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran yang disebut dengan pjsp.

Untuk bisa melakukan transaksi dengan lancar Anda harus memastikan untuk mempunyai saldo yang cukup. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan qris ini dengan baik. Jika ingin membayar Anda bisa membuka aplikasi dan selanjutnya lakukan scan qris di merchant.

Sesudah scan bisa dilanjutkan dengan memasukkan nominal transaksinya serta melakukan otorisasi transaksi kemudian, setelah semua selesai dilakukan Anda bisa melakukan konfirmasi atau memberitahukan kepada kasir maupun petugas untuk melakukan pembayaran nontunai.

Dengan begitu, maka pembayaran akan segera selesai dilakukan tanpa perlu repot-repot untuk mencari uang tunai saat membayar. Anda yang sudah tau apa itu qris dan cara menggunakannya memang sangat membantu dalam pembayaran nontunai.

Tinggalkan komentar