5 Alasan Menggunakan Linux, Kelebihan & Kekurangan

CakrawalaRafflesia – Linux merupakan sistem operasi alternatif yang bisa digunakan selain Windows dan Mac OS. Pada tulisan kali ini, penulis ingin sharing mengenai sistem operasi Linux, dan memaparkan alasan kenapa kita harus menggunakan Linux.

1. Harga

Sistem operasi Linux selalu tersedia secara gratis, ada berbagai distro atau jenis Linux yang bisa kita unduh dan kita gunakan secara gratis. Dengan hanya bermodalkan akses Internet kebanyakan sistem operasi Linux bisa diunduh secara gratis. bahkan Ubuntu Linux menyediakan CD gratis yang bisa dikirim kepada kita dengan cuma-cuma.

Selain itu, dalam sebuah distro Linux, kita telah disediakan berbagai
aplikasi lain secara lengkap, seperti aplikasi untuk Office, untuk
menggambar dan untuk kebutuhan mengakses internet, jika memilih distro
tertentu bahkan tersedia software gratis lain yang disesuaikan dengan
kebutuhan pengguna.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?, karena setiap distro Linux
merupakan software yang disediakan secara open source, maksudnya adalah
bahwa sistem dan aplikasi tersebut dapat dimodifikasi dan
di-distribusikan lagi oekh kita tanpa dikenai biaya lisensi.

2. Lebih tahan terhadap virus

Alasan menggunakan linux karena ini. Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang boleh dibilang  tidak ada virus, berbeda dengan sistem operasi populer yang lebih banyak terkena virus.

Jika boleh saya mengatakan, di dunia ini sebenarnya tidak ada virus komputer, yang ada adalah virus Windows karena kebanyakan virus memang ditujukan untuk sistem operasi Windows.

Saat ini, Linux bukanlah menjadi sistem operasi populer, posisi Linux
berada pada urutan ketiga dari sistem operasi populer yang ada di
dunia, setelah Mac OS X dan Windows, sehingga para pembuat virus
cenderung tidak tertarik untuk membuat virus untuk Linux yang memang
tidak banyak dipakai pengguna.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Masalah Koneksi Internet Wifi Lambat

Terlebih jika kita berbagung dengan mailing list atau forum yang membahas Linux yang kita gunakan, akan ada banyak orang yang mau membantu kita ketika kita mengalami kesulitan atau masalah dalam menggunakan Linux yang kita gunakan.

3. Kemudahan mendapatkan Software

Jika Anda masih berfikir bahwa Linux merupakan aplikasi yang sulit digunakan, maka itu akan berubah ketika anda mulai menggunakan Linux hari ini, di dalam kebanyakan distro Linux, telah disediakan Software Center dimana pengguna bisa mengunduh semua aplikasi yang dibutuhkan mulai dari aplikasi produktivitas, hiburan, permainan dan aplikasi utilitas lain yang mungkin diperlukan.

Walaupun kebanyakan aplikasi tersedia secara gratis, namun itu bukan
berabrti bahwa aplikasi tersebut “kacangan”, kebanyakan aplikasi justru
sangat bagus dan bahkan jauh lebih baik dari aplikasi berbayar yang ada
pada sistem operasi lain, namun di Linux juga ada beberapa aplikasi yang
berbayar, namun jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding aplikasi
gratisan.

4. Kompatibilitas

Jika anda berfikir bahwa Linux memiliki sistem yang tidak kompatibel dengan Linux silahkan saja, namun dari pengalaman penulis, file aplikasi umum yang dimiliki oleh Windows bisa dijalankan dan dibuka dengan baik oleh aplikasi yang ada pada Linux.

Seperti file .DOCX, .XLSX da .PPTX bisa dibuka dan dijalankan dengan baik oleh paket aplikasi LibreOffice. Atau aplikasi .PDF, dan .PSD bisa juga dibuka dengan baik oleh aplikasi pembaca PDF pada Linux yang bernama DocumentViewer dan file Photoshop yang berakhiran .PSD bisa dibuka dan dijalankan dengan baik dengan aplikasi foto editor di Linux bernama Gimp.

Menariknya, semua aplikasi yang ada di Linux tadi telah tersedia secara gratis begitu kita menginstal Linux di PC, jadi aplikas-aplikasi tadi tidak harus di instal secara terpisah, namun sudah berada dalam paket Linux pada umumnya.

Baca Juga :  Apa Itu Coding & Cara Belajar di HP Android

Dari namanya dapat kita tebak bahwa dukungan Komunitas Pengguna adalah dukungan dari para pengguna atau pengguna yang memiliki keahlian lebih yang dapat menuliskan kode-kode di Linux untuk memberikan bantuan kepada pengguna Linux lain, para pengguna jenis ini bisa ditemukan di mailing list, forum atau melalui layanan chatting baik di YM maupun di mIRC.

5. Dukungan Komunitas

Ada dua jenis dukungan komunitas di Linux, yang dibedakan menjadi Dukungan Komunitas Pengguna dan Dukungan Profesional. Ini alasan menggunakan Linux.

(Jika Anda berfikir bahwa mIRC adalah layanan chatt yang kuno, namun layanan ini masih digunakan saat ini dan masih menjadi media chatting populer di Internet, termasuk di kalangan pengguna Linux).

Sedangkan Dukungan Profesional adalah dukungan yang diberikan
langsung oleh pembuat distro Linux yang bersangkutan, misalnya Linux
Ubuntu yang dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd, yang dipimpin
oleh Mark Shuttleworth dimana mereka akan memberikan dukungan penuh bagi
pengguna Linux Ubuntu hingga ke tingkat profesional.

Hal lain yang menurut penulis menarik dari alasan menggunakan Linux adalah, tersedianya versi Live 9atau lebih dikenal denga sebutan Live CD dan Live USB), dimana kita dapat mencoba salah satu distro Linux yang ada dan menjalankannya dari CD atau USB Flashdisk tanpa menginstalnya ke dalam harddisk.

Jika memang kita telah benar-benar menyukai performa dan tampilan dari distro Linux tersebut, barulah kita menginstalnya ke dalam harddisk. Menariknya, kita juga bisa menginstal Linux tersebut bersadingan dengan sistem operasi lain tanpa menghapus sistem operasi yang sudah ada di komputer kita. Sehingga kita bisa beralih menggunakan sistem operasi Windows atau Linux sewaktu-waktu.

Berikut ini adalah beberapa distro Linux yang dapat diunduh dan cukup mudah untuk digunakan dan di-instal pada komputer atau laptop.

Baca Juga :  Baterai Laptop Cepat Habis? Ini Solusi dan Cara Mengatasi

1. Linux Mint – www.linuxmint.com
2. Ubuntu – www.ubuntu.com
3. Zorin OS – www.zorin-os.com
4. Puppy Linux – www.puppylinux.com
5. PCLinux OS – www.pclinuxos.com
6. Debian – www.debian.org
7. Fedora – www.fedora.org
8. OpenSUSE – www.opensuse.org
9. Knoppix – www.knoppix.org
10. CentOS – www.centos.org
11. Arch Linux – www.archlinux.org
12. Kali Linux (sebelumnya dikenal sebagai BackTrack) – www.kali.org
13. Xubuntu – www.xubuntu.org
14. DamnSmall Linux – www.damnsmalllinux.org/
15. LXLE – www.lxle.net

Tinggalkan komentar